Tech News

Apple Juga Kepincut Bikin Smartphone yang Bisa Dilipat

Apple dilaporkan sudah mengajukan hak paten untuk iPhone yang mungkin memiliki elemen fleksibel yang memungkinkan perangkat dibuka dan ditutup seperti buku. Kabar ini muncul setelah sebuah laporan mengklaim bahwa Apple tengah bekerja bersama LG untuk iPhone yang bisa dilipat. Apple mengajukan hak paten tersebut kepada US Patent and Trademark Office (USPTO) pada tahun 2014 dan diberikan bulan ini. Berdasarkan gambar desain tampak perangkat yang bisa dilipat menggunakan panel OLED dan engsel metalik yang memungkinkan layar dilipat seperti ponsel clamshell.

“Perangkat elektronik memiliki bagian fleksibel yang memungkinkan perangkat untuk dilipat. Layar fleksibel memiliki area lentur yang memungkinkan layar membungkuk di sepanjang sumbu tikungan saat perangkat dilipat,” tertulis di dokumen aplikasi paten Apple.

Sebelumnya, laporan mengatakan Apple memutuskan untuk memilih LG sebagai pemasok layar OLED, bukan lagi Samsung. Apple disebut khawatir spesifikasi perangkatnya bakal bocor karena Samsung merupakan salah satu saingan utamanya.

Samsung sendiri dikabarkan segera meluncurkan smartphone dengan desain yang dapat dilipat pada tahun 2018, kemungkinan akan diberi nama Galaxy X. Sedangkan produksi panel iPhone yang bisa dilipat mungkin baru akan dimulai di tahun 2020. Semestinya Apple tak perlu khawatir, karena Samsung dua langkah lebih maju.

Sementara itu, LG dilaporkan telah melengkapi prototip panel OLED yang bisa dilipat dan telah meningkatkan daya tahan dan tingkat resolusinya. Perusahaan ini baru saja memulai produksi OLED pertamanya untuk ponsel di pabrik E5 di Gumi, Provinsi Gyeongsang Utara.