Tech News

Apple Berhutang Pajak Kepada Pemerintah Italia Sebesar USD 347 Juta

JATIMTECH.com – Baru beberapa jam yang lalu Apple Inc menjadi pembicaraan hangat di publik, mengenai hutang pajaknya kepada pemerintah Italia. Apple dikabarkan telah setuju membayar sekitar USD 347 juta untuk menyelesaikan sengketa pajak kepada pemerintah Italia. Perusahaan teknologi asal Amerika ini telah diselidiki oleh pemerintah Italia dan ketahuan melakukan penipuan dalam kaitannya dengan laporan pendapatan di Italia pada tahun 2008-2013.

Dengan kata lain, kantor pajak Italia telah melihat ke dalam kesesuaian Apple dalam membayar pajak. Investigasi ini sebenarnya sudah lama dilakukan oleh pemerintah Italia, namun baru didapati kecurangannya baru akhir-akhir ini. Pasalnya Apple menyusupkan pendapatannya di Italia sebanyak USD 1 miliar melalui perusahaan cabangnya yang berlokasi di Irlandia. Trik ini dilakukan Apple untuk menurunkan nilai pajak yang seharusnya mereka bayarkan dilansir dari Techtimes, Kamis (31/12/2015).

Tidak hanya ini, kabarnya sebelumnya pada tahun 2013 silam Apple Inc dituduh oleh Komite Senat Amerika Serikat bahwa perusahaan ini menciptakan sistem untuk menghindari pajak. Dan sekarang 2015 perusahaan ini terbukti dan secara tidak langsung mengakuinya dengan bersedia membayar, tapi dengan kasus di negara lain. Pasalnya pada tahun 2011 anak usaha Apple di Irlandia hanya membayar pajak USD 10 juta. Padahal Apple mendapatkan pemasukan USD 22 miliar pada tahun itu. Trik ini digunakan perusahaan dikarenakan salah satunya Irlandia merupakan sebuah negara yang mempuinyai dengan setoran pajak yang rendah dibandingkan dengan Amerika Serikat maupun Italia, oleh karena itu untuk mengelabuinya Apple menempatkan anak usahanya di negara itu.

CEO Apple Tim Cook, mengklaim bahwa Apple sudah membayar pajak sesuai dengan yang semestinya. Dan menyebutkan tuduhan itu hanyalah omong kosong politik saja. Masih belum jelas penyelesaiannya, kabarnya Italia akan terus menindak lanjuti kasus ini sampai tuntas.

Sekedar informasi Apple bukanlah satu-satunya perusahaan teknologi yang mempunyai cabang di Irlandia, namun Google dan Microsoft pun juga punya anak cabang di negeri itu.