Apple mengonfirmasi bahwa pihaknya telah mengakuisisi perusahaan baru bernama Buddybuild yang berpusat di Kanada. Buddybuild adalah sebuah platform iterasi mobile yang berfokus pada pengembangan alat integrasi dan debugging untuk pengembang iOS. Sayangnya baik Apple ataupun Buddybuild tak bersedia membeberkan berapa mahar untuk kesepakatan tersebut.

“Kami senang dapat berbagi bahwa tim Buddybuild telah bergabung dengan grup teknik Xcode di Apple, membangun alat pengembang yang menakjubkan untuk seluruh komunitas iOS,” kata Buddybuild dalam sebuah pernyataan resmi pada hari Rabu waktu setempat. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka akan bermarkas di Vancouver – sarangnya para pengembang.

“Layanan Buddybuild akan tetap tersedia bagi pelanggan yang ada yang berkeinginan membuat, menguji dan mengirimkan aplikasi iOS.” tambahnya. Tetapi ke depan, startup dipastikan tidak lagi menerima pelanggan baru. Kemudian salah satu paket layanannya, Free Starter untuk Android juga akan dihentikan pada tanggal 1 Maret 2018.

Menurut TechCrunch, tim di dalam Buddybuild akan disinergikan ke dalam Xcode, sebuah alat pengembangan Apple untuk iOS, MacOS, watchOS dan tvOS.

Buddybuild sendiri merupakan sebuah startup yang masih tergolong mudah. Mereka mulai beroperasi pada tahun 2015 dengan digawangi oleh dua mantan karyawan Amazon Dennis Pilarinos dan Christopher Stott. Dan akuisisi ini merupakan tahap lanjutan setelah di tahun 2014, Apple mengakuisisi TestFlight yang mulai mengharuskan pengguna menggunakan Xcode untuk memanfaatkan layanan tersebut.