Terbaik

9 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk HP Android

Temukan aplikasi untuk merekam layar terbaik di Android.
Pinterest LinkedIn Tumblr

Tidak semua HP punya aplikasi perekam layar bawaan. Kalaupun ada, fiturnya pun masih kurang lengkap. Anda butuh apk perekaman layar tambahan yang dapat diunduh di Play Store.

Ada banyak pilihan apk yang dapat Anda pasang ke HP. Masing-masing aplikasi juga menawarkan fitur yang berbeda sehingga pemanfaatannya pun jelas akan berbeda.

Anda dapat menyimak review beberapa rekomendasi aplikasinya di sini untuk menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini adalah beberapa pilihan apk perekam layar yang dapat Anda pasang di HP android dengan fitur-fitur yang cukup menarik:

1. Bisa rekam, edit, dan memasukkan suara: Screen Recorder, Video Recorder, V Recorder Editor

Aplikasi ini dikembangkan oleh VideoShow EnjoyMobi Video Editor & Video Maker Inc. Dengan VideoShow, Anda dapat melakukan perekaman layar dengan stabil, merekam aktivitas gaming, dan menyimpan videonya secara langsung.

Yang menarik, VideoShow juga memberikan kesempatan kepada Anda untuk mengedit videonya dengan menambahkan efek, musik, hingga filter.

Bahkan, saat melakukan perekaman layar, Anda juga dapat mencorat-coret gambar secara langsung pada layarnya. Semuanya akan terekam dengan jelas pada HP Anda.

Menariknya lagi, Anda pun dapat langsung menambahkan suara baik dari internal maupun eksternal HP.

2. Aplikasi perekam layar tanpa watermark dan root: Screen Recorder & Video Recorder – XRecorder

XRecorder merupakan aplikasi perekam layar besutan InShot Inc. Fitur utama yang dimilikinya adalah recording dengan hasil yang halus dan bersih tanpa adanya watermark.

Untuk menggunakan aplikasinya, Anda juga tidak membutuhkan rooting. Apabila ingin melakukan editing, pada XRecorder juga tersedia fitur trim dan perubahan kecepatan video.

Xrecorder mendapatkan unduhan lebih dari 100 juta kali dengan bintang 4,7 dari 5. Total ulasannya adalah sebanyak 2,6 jutaan.

3. Memiliki fitur lengkap dan jadi pilihan editor: Mobizen Screen Recorder

Mobizen merupakan apk perekaman layar yang sudah sangat terkenal. Hingga kini, dia terus melakukan updating pada fitur-fitur terbaiknya. Tak heran bila dia menjadi salah satu aplikasi dengan fitur yang paling lengkap.

Di sini, Anda bisa melakukan perekaman dengan kualitas terbaik (HD). Di samping itu, Anda juga dapat merekam layar sekaligus reaksi wajah dalam satu waktu.

Saat menggunakan Mobizen, Anda dapat menyimpan file-nya di memori eksternal. Jadi, jangan khawatir akan kepenuhan.

Apabila Anda mau menambahkan intro dan outro, maka fitur yang ditawarkan Mobizen juga sudah mendukungnya. Anda pun punya pilihan untuk melakukan perekaman tanpa watermark.

Mobizen mendapatkan bintang 4,2 dari total ulasan 2,9 jutaan dan unduhan lebih dari 100 jutaan kali.

Lihat juga:  9 Aplikasi Investasi Terbaik untuk Mulai Belajar Saham

4. Bisa live streaming dan menjadwalkan perekaman: Super Screen Recorder – REC Video Record, Screenshot

Super Screen Recorder mendapatkan unduhan lebih dari 5 juta kali. Dengan jumlah unduhan tersebut, dia mendapatkan bintang 4,5 dari 5. Ulasannya sebanyak 180 ribuan.

App ini memiliki banyak sekali fitur dasar yang menarik. Di antaranya adalah perekaman layar dengan kualitas terbaik, tanpa batasan waktu, tanpa watermark, tanpa root, support facecam untuk rekam reaksi dengan kamera depan, hingga editor video.

Menariknya lagi, Anda dapat menjadwalkan perekaman sehingga tidak akan ketinggalan konten atau acara tertentu. Anda pun dapat merekam layar secara langsung saat live streaming.

5. Bisa FaceCam pakai kamera depan dan belakang: Screen Recorder

Screen recorder merupakan aplikasi perekam layar yang cukup lengkap. Di sini, Anda dapat melakukan perekaman layar sekaligus mengambil tangkapan layar atau screenshot.

Anda juga dapat melakukan trim setelah selesai merekam layar hingga memasukkan logo dalam bentuk teks dan foto.

Hanya saja, perlu Anda ketahui bahwa aplikasi ini tidak dapat merekam audio atau suara internal. Perekaman suara saat ini hanya ada di versi OS android 10.

App ini mendapatkan unduhan sebanyak lebih dari 10 juta kali dengan bintang 4,3 dari 5. Total ulasannya adalah 270 ribuan.

6. Dapat merekam dan menambahkan blur pada hasil rekamannya: Capture Recorder Mobi Screen Recorder Video Editor

Selain dibekali dengan fitur dasar untuk merekam layar, Anda juga dapat merekam internal audio, memakai facecam, hingga mengedit videonya.

Fitur editornya juga lumayan lengkap, di antaranya adalah menambahkan blur dan mozaik, menambahkan voiceover dan musik, menggunakan tema terbaik, dan fitur editor terbaik lainnya.

Capture Recorder Mobi mendapatkan unduhan sebanyak lebih dari 10 juta kali dengan bintang 4,5 dari 5. Aplikasi yang dapat dipakai pada perangkat bersistem operasi OS 5.0 ke atas ini memiliki ulasan sebanyak 140 ribuan.

7. Bisa merekam, mengedit gambar, dan membuat GIF: AZ Screen Recorder – Video Recorder, Livestream

Selain dapat merekam layar dengan kualitas HD, aplikasi ini juga dapat dipakai untuk menangkap layar, mengedit video, hingga merekam live streaming, video calls, dan lainnya.

Lihat juga:  10 Aplikasi Berita Terkini dan Terbaik di Android

Yang menarik, untuk menggunakan aplikasinya Anda tidak perlu melakukan rooting. Selain itu, tak ada batasan waktu untuk melakukan perekaman.

Fasilitas editor videonya juga tergolong lengkap sebab Anda dapat menambahkan background musik, crop, edit audio, hingga compress file videonya. Artinya, kalau pakai AZ Anda mungkin tidak membutuhkan aplikasi kompres video lagi.

Menariknya lagi, apk AZ ini juga dapat dipakai untuk mengedit hasil screenshot dan membuat GIF. Sangat lengkap.

AZ sudah mendapatkan unduhan sebanyak lebih dari 50 juta kali dengan bintang 4,5 dari 5. Total ulasannya adalah sebanyak 1,3 jutaan.

8. Rekam layar dengan whiteboard untuk membuat tutorial: Screen Recorder

Screen Recorder yang dibuat oleh AppSmartz ini memiliki fitur yang cukup unik. Untuk menggunakannya, Anda tidak perlu melakukan rooting. Di samping itu, fitur dasar seperti live stream, facecam, trim, hingga menggambar langsung di layar juga sudah ada.

Menariknya, aplikasi berukuran 66 MB ini juga menyediakan whiteboard yang sangat cocok dipakai untuk membuat tutorial tertentu.

Aplikasi yang dapat dipasang pada OS 5.0 ke atas ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan bintang 4,2 dari 5. Total ulasan yang dia dapatkan adalah 350 ribuan.

9. Interface simpel tapi fitur lengkap: Screen Recorder, Video Recorder, Vidma Recorder

Vidma menawarkan beberapa fitur yang tergolong lengkap. Di antaranya adalah bisa merekam layar dengan audio, dapat merekam suara internal pada OS android 10, hingga perekaman tanpa watermark.

Dengan aplikasi ini, Anda juga dapat memperoleh hasil rekaman yang kualitasnya HD. Tidak ada batasan waktu saat Anda melakukan perekaman. Bila sudah selesai, Anda pun dapat langsung membagikannya kepada teman.

Pada saat melakukan recording, Anda juga dapat menyembunyikan jendela perekamannya. Saat mau menghentikan perekaman, Anda tinggal menggoyangkan HP.

Fitur editor yang dimiliki Vidma di antaranya adalah perubahan kecepatan video, trim, music maker, perubahan volume video, dll.

Vidma Recorder kini mendapatkan unduhan sebanyak lebih dari 1 juta kali dengan bintang 4,7 dari 5.

Itulah beberapa pilihan aplikasi perekam layar yang cukup recommended karena fitur dan ulasannya bagus di Play Store. Selamat memilih.

Write A Comment