Sholat menjadi salah satu ibadah wajib bagi umat muslim. Namun, beberapa diantaranya malah tertinggal dan sholat tidak sesuai jadwal atau telat. Oleh karena itu, beberapa perusahaan menyediakan aplikasi pengingat waktu sholat.

 

Tidak hanya mengingatkan waktu sholat yang tepat waktu. Beberapa aplikasi menyediakan fitur Al-Quran, penunjuk arak kiblat dan lokasi masjid yang dekat dengan Anda saat ini.

Anda bisa menyebukan aplikasi-aplikasi berikut pada Play Store untuk Android atau AppStore bagi pengguna iOS.

Aplikasi Pengingat Waktu Sholat

Berikut ini beberapa aplikasi pengingat waktu sholat paling populer dan banyak penggunanya:

1. Muslim Pro

Muslim Pro

Salah satu aplikasi pengingat waktu sholat yang populer adalah Muslim Pro. Aplikasi ini hadir dengan berbagai fitur yang akan membantu kita untuk menentukan arah Kiblat, Adzan, juga jadwal sholat. Sehingga Anda tidak perlu takut terlambat untuk menjalankan ibadah sholat.

Tidak hanya digunakan umat muslim di Indonesia saja, Muslim Pro juga sudah banyak digunakan di berbagai negara Islam di seluruh dunia.

2. Umma


Aplikasi Umma menjadi salah satu aplikasi pengingat waktu sholat yang bisa Anda andalkan karena memiliki banyak fitur menarik. Selain menawarkan jadwal lengkap sholat, Umma juga menyediakan fitur mengaji. Bahkan ada pula terjemahan Al-Quran dalam satu aplikasi ini.

Umma juga menyediakan fitur arah Kiblat, sehingga untuk Anda yang sedang berkemah di gunung masih bisa mengetahui arah Kiblat yang benar.

3. Salatuk (Prayer Time)

Salatuk Prayer time

Untuk Anda yang suka bepergian wajib menginstal aplikasi ini. Karena selain memiliki fitur jadwal sholat, Salatuk juga dilengkapi oleh informasi keberadaan masjid yang dekat dengan lokasi Anda. Sangat membantu, bukan?

4. iPray

iPray

Aplikasi pengingat jadwal sholat berikutnya adalah iPray. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Aplikasi iPray juga dilengkapi fitur arah Kiblat dan jadwal sholat. Namun, yang membuat aplikasi ini lebih unggul adalah tampilan yang menarik saat adzan berkumandang.

5. Usholli

Usholli

Untuk Anda yang sibuk bekerja dan kadang lupa dengan jadwal sholat, Anda harus menginstal aplikasi ini. Aplikasi pengingat jadwal sholat Usholli ini menyediakan jadwal sholat yang sudah disesuikan dengan situs resmi Kementrian Agama RI.

Usholli juga dilengkapi dengan fitur menarik, misalnya alarm yang memutar adzan secara otomatis, serta kompas yang menunjukan arah kiblat.

6. Prayer Time Muslim All In One


Aplikasi pengingat waktu sholat yang bisa Anda coba adalah Prayer Time Muslim All In One. Aplikasi ini dikembangkan oleh The Wali Studio dan menyediakan jadwal sholat dengan akurat. Prayer Time Muslim All In One dilengkapi pula dengan suara adzan dan arah kiblat. Uniknya lagi aplikasi ini juga terdapat fitur Al-Quran dengan 114  surat alias lengkap. Ditambah lagi dengan doa-doa harian yang akan membuat ibadah Anda semakin khusuk.

Anda juga bisa menghitung tasbih, mengetahui informasi masjid terdekat dengan lokasi Anda. Ada juga kalender hijriyah. Benar-benar aplikasi yang lengkap bukan?

7. Athanotify

Athanotify

Dengan menginstal aplikasi Athanotify, Anda bisa mengetahui jadwal sholat di hari esok. Sehingga Anda bisa memngatur jadwal bepergian agar tidak terbentur dengan jadwal sholat Anda. Saat bulan Ramadhan pun, Anda juga akan diberi informasi tentang jadwal waktu sahur dan imsyak.

Dengan Athanotify Anda bisa mengatur nada dan suara adzan sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan banyak widget yang bisa Anda pasang pada homescreen ponsel Anda.

8. Toppa

Toppa

Selain memiliki jadwal sholat wajib 5 waktu. Aplikasi Toppa juga menyediakan jadwal untuk sholat dhuha dan sholat tahajjud. Sehingga Anda bisa menjalankan sholat dengan tepat waktu.

Anda tetap masih bisa menggunakan aplikasi ini meski Anda tidak terkoneksi dengan jaringan Internet. Tak lupa juga, aplikasi Toppa juga menyediakan fitur kalender Islam dan petunjuk arak kiblat sesuai dengan posisi Anda berada.

 

 

 
Tagged in:
,