Terbaik

8 Aplikasi Kompres Video Android Agar Bisa Dibagikan Online

Temukan aplikasi kompres video terbaik di Android
Pinterest LinkedIn Tumblr

Memori HP penuh? Tak masalah, silakan coba aplikasi kompres video agar ukuran file yang tersimpan di android Anda mengecil. Bebaskan ruang sehingga dapat digunakan untuk menyimpan file lainnya.

Sebagaimana kita tahu, film atau klip merupakan salah satu file yang boros ruang di HP. Bila Anda sering merekam sebuah kegiatan atau sengaja membuat konten untuk Youtube dan media sosial lain, maka melakukan kompres adalah solusi terbaik.

Hal ini dilakukan agar ruang memori tidak cepat penuh dan Anda pun tak perlu bingung memindah file-nya ke perangkat lain seperti laptop.

Selain itu, pengompresan biasanya juga dilakukan dengan tujuan agar file-nya dapat dikirim lewat email, Whatsapp (WA), atau platform digital lainnya. Hal ini karena setiap platform punya batasan ukuran file untuk dibagikan.

Kami akan mengulas beberapa aplikasi yang direkomendasikan di Play Store. Simak sampai selesai.

1. Aplikasi kompres video dan foto yang cepat: Video Compressor, Fast Compress Video & Foto

Total unduhan aplikasi ini mencapai lebih dari 5 juta kali. Dari total unduhan tersebut, dia mendapatkan bintang 4,5 dari 50 ribuan ulasan yang masuk.

Dengan aplikasi ini Anda tak hanya mengompres file film, tetapi juga dapat melakukan kompres pada gambar atau foto secara otomatis dan cepat.

Misalnya, setelah mengambil gambar pakai aplikasi kamera terbaik, Anda mungkin akan mendapati ukuran foto yang besar. Oleh karena itu, silakan langsung gunakan Video Compressor untuk membebaskan beberapa MB ruang di HP.

Selain fitur di atas, apk ini juga punya keistimewaan lain, yakni kemampuannya dalam mengekstraksi mp3. Dengan kata lain, apk ini juga dapat dipakai sebagai film to mp3 converter.

2. Apk kompres terbaik tanpa merusak kualitas: Panda Video Compressor, Resize & Compress

Panda mengklaim bahwa aplikasi kompresornya inilah yang terbaik. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan compressing dengan cepat, mudah, dan fun.

Yang menarik, apk ini tidak akan membuat kualitas videonya menjadi buruk atau membuat gambarnya jadi pecah. Kualitasnya tetap dipertahankan selama proses compressing dilakukan.

Jenis-jenis format file film atau klip yang bisa Anda kompres di sini adalah .mp4, .avi, .flv, .mkv, .rmvb, .mov, .wmv, .3gp, dan .mpeg. Cukup lengkap dan dapat Anda sesuaikan dengan mudah.

Setelah melakukan compressing, Anda dapat membagikan file via email, telegram, line, WeChat, facebook, YouTube, WA, dan yang lainnya.

Lihat juga:  10 Aplikasi Edit Foto Terbaik di HP Agar Kece Seperti Selebgram

Compressor Panda ini hanya butuh ruang 36 MB di HP Anda. Total unduhannya mencapai lebih dari 1 juta kali dengan bintang 4,7 dari 260 ribuan ulasan yang masuk.

3. Kompres video di HP dengan interface yang user friendly dan ringan: Video Compress

Apk ini menawarkan compressing video yang cepat dan mudah dengan interface yang user friendly. Dengan begitu, pemula yang baru berlatih memakai aplikasinya pun akan langsung bisa.

Ada tiga mode yang ditawarkan dalam proses compressing, yakni mode kualitas tinggi, normal, dan rendah. Meski begitu, aplikasinya mengklaim bahwa hasil akhir kompresnya tak akan kehilangan kualitas terbaik.

Aplikasi ini support hampir semua format. Dia juga dapat Anda gunakan untuk mengubah video ke file MP3 atau audio.

Yang lebih menarik lagi, bila videonya punya subtitle, Anda dapat memakai apk ini untuk mengekstrak subtitelnya. Ditambah lagi, ukuran file apk-nya sangat kecil sehingga ringan saat dipasang di android. Ukurannya hanya sekitar 12 MB.

Dia sudah mendapatkan unduhan lebih dari 5 juta kali dengan bintang 4,2 dari review sebanyak 42 ribuan.

4. Aplikasi kompres video dengan fitur preview dan opsi delete file: Video Compressor, Compact (MP4, MKV, AVI, MOV)

Apk ini dilengkapi dengan fitur dasar untuk melakukan compressing dan memperkecil ukuran film. Format file yang bisa dikompres adalah .mp4, .mkv, .3gp, .avi, .flv, .mpeg, .mts, .m4v, .wmv, .mpg, .vob, dan .mov.

Sebaliknya, jika Anda mau mengobat file ke film, maka pilihan formatnya adalah .mp4, .mkv, .3gp, .mov, .m4v, .mts, .flv, dan .avi.

Yang menarik, aplikasinya akan memberikan informasi preview durasi pendeknya sebelum Anda memulai compressing-nya.

Begitu selesai, Anda juga dapat memilih untuk menghapus file asli atau hasil kompresan agar bisa menghemat banyak ruang.

Apk ini telah diunduh lebih dari 500 ribu kali dengan bintang 4,6 di Play Store yang diperoleh dari ulasan sebanyak 10 ribuan.

5. Apk full gratis dengan fitur lengkap: Video to Mp3 converter & compressor, VidCompact

Vidcompact merupakan apk yang hadir dengan fitur lengkap. Yakni sebagai audio converter, video converter, trimmer, dan compressor.

Format yang didukung adalah HD, HTML5 video, .mkv, .wmv, .avi, .mp4, .mov, dan .flv.

Lihat juga:  9 Aplikasi Investasi Terbaik untuk Mulai Belajar Saham

Selain itu, Anda juga bisa melakukan film editing di sini. Terdapat fitur trim, merge, reverse, cut, crop, rotation, hingga slow motion.

VidCompact telah mendapatkan unduhan sebanyak 10 juta kali di Play Store. Hasilnya, dia memperoleh bintang 4,5 dari total ulasan sebanyak 250 ribuan.

6. Aplikasi yang sudah teruji dan sangat ringan: Video Compressor, Resize & Compress

Apabila ruang di HP Anda tidak begitu besar, cobalah download aplikasi kompres video yang berukuran 6,5 MB ini. Apk ini sudah teruji di beberapa android seperti Samsung, Xiaomi, Huawei, hingga Nokia.

Hasil pengujiannya adalah sebagai berikut:

  • Mampu mengompres file berukuran 94,3 MB menjadi 9,2 MB dalam waktu 11 detik.
  • Mengompres file ukuran 151,2 MB menjadi 14,7 MB dalam waktu 18 detik.
  • Kompres file berukuran 65,7 MB menjadi 6,4 MB dalam waktu 8 detik.

Artinya, prosesnya sangat cepat dan performanya sangat baik.

Saat ini, total unduhan apps ini sudah mencapai 50 ribu lebih dengan perolehan bintang 4,7 dari ulasan sebanyak 2 ribuan.

7. Bisa menambahkan background musik: Video Dieter 2, Trim & Edit

Apk yang sudah diunduh lebih dari 1 juta kali ini memiliki fitur yang unik di samping fitur-fitur dasar yang dimiliki oleh compressor.

Anda bisa mengompres sebuah file film dengan pengaturan kualitas dan resolusi videonya. Di samping itu, ada fitur editing yang memungkinkan Anda untuk melakukan trim, menambahkan slow motion, hingga musik background pada file-nya.

Saat ini, Video Dieter sudah mendapatkan bintang 4,4 dari ulasan sebanyak lebih dari 30 ribuan.

8. Dilengkapi dengan fitur cut: Smart Video Compressor and Resizer

Smart Video Compressor telah mendapatkan unduhan lebih dari 500 ribuan kali. Aplikasi berukuran 17 MB ini memiliki fitur pengubahan dimensi, kualitas, dan kecepatan compressing.

Yang menarik, Anda juga dapat memotong videonya dengan lebih mudah memanfaatkan tombol gunting yang ada di aplikasinya.

Itulah beberapa aplikasi kompres video pilihan yang dapat kami kumpulkan. Mayoritas bintangnya di atas 4 karena memang sudah kami pilih dengan cermat di Play Store. Selamat memilih mana yang fiturnya sesuai kebutuhan Anda.

Write A Comment