Home » Tech News » Aplikasi Google Go dan Android Oreo Go Resmi Diluncurkan

Aplikasi Google Go dan Android Oreo Go Resmi Diluncurkan

Sebuah aplikasi baru, bernama Google Go, telah diluncurkan untuk memberikan pengalaman Google yang terpadu kepada pengguna Internet di perangkat kelas bawah. Aplikasi ini menyediakan akses ke layanan Google seperti Search, Voice Search, GIF, YouTube, Images, dan Maps dan menyertakan bilah penelusuran untuk memberikan pengalaman terpadu.

Terlepas dari layanan Google, aplikasi Go yang baru menyediakan akses pengguna ke Facebook, CricBuzz, dan Instagram. Di dalamnya mencakup tombol yang membantu pengguna menerjemahkan penelusuran dengan satu kali sentuhan. Dengan ukuran kurang dari 5MB, Google Go mengonsumsi data 40 persen lebih sedikit dan dioptimalkan untuk perangkat dengan RAM kurang dari 1GB. Aplikagi Google Go akan tersedia untuk semua perangkat Android mulai hari Selasa dan akan mulai dipasang di perangkat Android Go.

Aplikasi Google Go dan Android Oreo Go Resmi Diluncurkan

Untuk smartphone dengan RAM 512MB-1GB, Google mengumumkan Oreo Go, versi Android 8.0 Oreo yang dioptimalkan untuk smartphone kelas rendah. Oreo Go akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan, sementara saat ini hanya tersedia untuk pengembang yang menggunakan versi Android 8.1. Perangkat yang berjalan di Oreo Go berjalan dengan waktu 15 persen lebih cepat, dan aplikasi yang telah dimuat sebelumnya akan dioptimalkan sehingga hanya memakan 50 persen ruang penyimpanan yang tersedia. Google mengatakan perangkat Oreo Go rata-rata dapat menyimpan 1.000 foto ekstra dengan teknik optimasinya.

Oreo Go akan hadir dengan fitur keamanan yang sama seperti yang ada di versi standar, termasuk Google Play Protect. Perangkat edisi Go akan hadir dengan fitur Data Saver yang aktif secara default. Pengguna akan dapat mendownload aplikasi apa saja, namun ada bagian baru yang menyertakan aplikasi yang dioptimalkan terutama untuk perangkat edisi Go, seperti Facebook Lite dan Flipkart. Aplikasi Google juga telah digarap dan dipastikan berfungsi lebih baik pada perangkat kelas bawah, antara lain Go Asisten, Gmail, Chrome, Search, Maps, YouTube, dan Gboard akan dimuat di semua perangkat Oreo Go.