Tech News

Aplikasi Facetime Selamatkan Wanita ini dari Serangan Stroke

Dulu, kamera di smartphone adalah hal baru dan resolusinya masih sangat rendah. Akhir-akhir inilah kamera smartphone berkembang pesat dan bahkan berpotensi menggantikan fungsi kamera digital dan saku. Saking bagus dan jernihnya, bahkan bisa mendeteksi masalah kesehatan.

Dalam sebuah laporan dari BBC, seorang warga New York, Opokua Kwapong sedang berbicara dengan adiknya Adumea Sapong yang tinggal di Manchester, saat Sapong memperhatikan ada yang tidak beres. Dia menyadari bahwa ucapan kakaknya terdengar samar dan wajahnya tampak berbeda dari biasanya.

Dia kemudian menyarankan kepada kakaknya untuk mengambil segelas air dan minum aspirin, tapi kemudian Kwapong tiba-tiba terlihat sempoyongan untuk sekadar berjalan. Menurut Sapong, “Saya panik dan menghubungi saudara perempuan saya lainnya yang seorang dokter, dan dia kemudian membantu mendiagosa kakaknya dan mengonfirmasi bahwa bicaranya tidak terdengar jelas. Kami berdua lalu menyuruhnya untuk meminta bantuan. “

Kwapong dengan cepat menelepon 911 dan kemudian didiagnosis memiliki bekuan di otak. Akibatnya, stroke membuatnya lumpuh di sisi kirinya, Kwapong memuji FaceTime karena membantunya menyelamatkan hidupnya sehingga adiknya dapat menyadari ada sesuatu yang salah. Menurut Kwapong, “Tidak ada keraguan bahwa FaceTime menyelamatkan hidup saya. Jika adik perempuan saya tidak memperhatikan bahwa ada sesuatu yang tidak beres, maka situasinya bisa saja sangat berbeda. “

Yang cukup menarik, ini bukan kali pertama kamera smartphone secara tidak sengaja membantu mendeteksi stroke. Beberapa tahun yang lalu seorang wanita merasa mati rasa di satu sisi tubuhnya dan memutuskan untuk mengeluarkan kameranya untuk merekam gejalanya sendiri, yang ketika ditunjukkan ke dokter. Dari rekaman tersebut ia didiagnosa terserang stroke ringan.