Home » Tech News » Aplikasi Chatting AOL Resmi Tutup Usia

Aplikasi Chatting AOL Resmi Tutup Usia

Masih ingat dengan aplikasi chatting yang populer di era 90-an, AOL Instant Messaging? Nah, akhir pekan lalu kabar menyedihkan datang terkait AOL, di mana perusahaan di balik AOL resmi mengumumkan akan menghentikan layananya yang efektif pada akhir tahun ini, tepatnya pada tanggal 15 Desember 2017.

Dengan pengumuman ini, maka AOL yang sempat mendominasi layanan chatting di Amerika Utara akan tinggal sejarah. Kehadiran SMS dan jejaring sosial seperti Facebook dan WhatsApp, membuat AOL menyerah kalah dan memilih untuk mundur.

“AIM mengantarkan ke teknologi digital baru dan memicu perubahan budaya, namun cara komunikasi kita telah berubah. Untuk itu, kami memutuskan untuk menghentikan layanan AIM,” tulis Oath VP of Communication Product, Michael Albers dalam sebuah unggahan di Tumblr.

Catatan lain yang disampaikan oleh AOL, bahwa sampai dengan tanggal penutupan yang telah ditentukan, pengguna masih bisa terus menggunakan layanan seperti biasa. Namun, setelah tanggal itu, semua data pribadi pengguna termasuk daftar teman dan riwayat percakapan akan dihapus. Sementara itu, alamat email AIM.com tidak akan terpengaruh akan penutupan AIM karena AIM.com hanyalah alias untuk AOL mail.

Aplikasi pesan instan AOL Instant Messenger sempat menjadi salah satu kandidat untuk bersaing di ranah aplikasi chating yang ada, seperti Microsoft MSN Messenger dan ICQ. Di beberapa tahun pertama, AIM sukses menjadi yang paling populer di AS dan dipertahankan sampai dengan periode 2000-an.

Ketika era jejaring sosial mulai melanda, Facebook dan Twitter mengambil alih hampir seluruh pangsa pasar mereka. Bahkan jejaring sosial seperti Myspace dan Frenster kesulitan bersaingan dengan mereka.

Praktis selain layanan AIM, ada dua aplikasi pesan instan yang sempat populer harus menemui “ajal”. Mereka adalah MSN Messenger dari Microsoft yang ditutup 2013, serta Yahoo Messenger pada tahun 2016 yang kemudian dirilis kembali dengan nama yang sama.

Have your say!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>