Youtube menjadi platform yang kini banyak dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Ada banyak orang yang belajar menjadi youtuber agar bisa mengambil kesempatan mendapatkan dolar dari adsense.

 

Artikel ini akan membahas tentang Youtube secara rinci.

Yang perlu Anda tahu:

  • Pengertian atau definisi.
  • Sejarah.
  • Fungsi.
  • Fitur dan cara menggunakan.

Apa yang dimaksud dengan Youtube?

Apa itu Youtube?

Berikut ini adalah beberapa pengertian Youtube:

  • Secara sederhana, pengertian Youtube adalah sebuah situs web di mana penggunanya bisa berbagi video, mengunggah, dan menontonnya secara gratis.
  • Youtube juga diartikan sebagai sebuah platform yang berisi 2 tipe pengguna. Yakni kreator video dan penonton (viewer). Kreator adalah mereka yang punya channel dan mengunggah video pada channel-nya. Sementara penonton adalah mereka yang menonton video, klik subscribe, dan berinteraksi di video tertentu.

Catatan: Seorang pengguna bisa menjadi kreator, penonton, atau keduanya secara bersamaan. Di sini, para pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lain. Caranya adalah dengan memberikan like pada video, jadi subscribers, atau berbalas komentar di kolom komen.

Perangkat yang digunakan, konten, dan ketentuan Youtube

Para pengguna bisa mengunjungi platform ini lewat HP dan PC. Bila membukanya lewat HP, maka dibutuhkan aplikasi yang dapat diunduh di Play Store atau App Store. Tergantung sistem operasi yang digunakan pada smartphone-nya.

Jika di smartphone tersebut belum terinstal aplikasi, pengguna tetap bisa membukanya melalui browser yang ada di perangkatnya.

Apabila user mau membukanya dari PC, laptop, atau desktop, maka tinggal menggunakan browser yang terinstal di perangkat tersebut. Misalnya Mozilla Firefox.

Youtube menyediakan tempat bagi para penggunanya yang mau membagikan konten berupa video. Pengguna lain yang mencari konten serupa bisa menemukannya dengan memanfaatkan kolom pencarian.

Adapun konten yang biasanya diunggah di platform ini adalah klip film, musik, klip TV, vlog, video tutorial, hingga video pendidikan.

Yang perlu dicatat, Youtube memiliki ketentuan dan kebijakan sendiri mengenai konten yang tidak dapat diunggah. Setiap youtuber diharapkan mengerti, memahami, dan mengikuti ketentuan tersebut.

Di antara konten yang dilarang adalah video duplikat, bukan karya sendiri, hingga konten yang melanggar hak cipta.

Tips: Sebagai youtuber pemula, memahami definisi dan ketentuan Youtube adalah hal yang penting agar penggunaannya lebih terarah dan tidak melakukan pelanggaran yang bisa berdampak buruk.

Sejarah Youtube secara singkat

Platform ini dibuat pertama kali pada awal tahun 2005 oleh 3 mantan karyawan Paypal, yakni Jawed Karim, Steve Chen, dan Chad Hurley.

Setelah mengalami beberapa kesulitan dan perkembangan, akhirnya pada November 2005 dan April 2006, lahirlah perusahaan rintisan Youtube. Sejak tahun 2006 sampai sekarang, perusahaan induk yang menaungi Youtube adalah Google.

Sejarah Youtube secara singkat

Sejak saat itu, platform ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Termasuk salah satunya di Indonesia.

Perkembangan Youtube di Indonesia

Platform berbagi video ini sudah masuk ke Indonesia sejak 2005. Perkembangannya memang perlahan namun pasti. Dia menyalip berbagai situs yang telah lebih dulu terkenal di Indonesia, seperti friendster dan MySpace.

Di awal kemunculannya, konten yang diunggah ke Youtube masih seadanya. Videonya direkam menggunakan kamera HP yang belum terlalu canggih dan editingnya belum secanggih sekarang. Durasinya pun hanya sebentar.

Dalam perkembangannya di Indonesia, Youtube sempat diblokir karena adanya film Fitna. Kala itu, menteri informasi, Bapak Muhammad Nuh, sempat menyurati Youtube untuk menghapus video Fitna atau akan diblokir.

Surat ini tidak dipedulikan sehingga mengakibatkan pemblokiran Youtube pada 5 April 2008. Pemblokiran akhirnya dibuka pada tanggal 10 April 2008.

Youtube yang Anda kenal sekarang lebih selektif dalam menentukan konten yang bisa diunggah oleh penggunanya.

Maka dari itu, apabila mau jadi youtuber, sebaiknya kenali apa saja ketentuan yang ditetapkan oleh platform ini sehingga tidak melakukan pelanggaran yang bisa mengakibatkan tertangguhkannya akun atau terhapusnya konten.

Fungsi Youtube

Dibandingkan dengan facebook, platform berbagi video ini mungkin lebih muda. Namun, platform ini tetap memiliki fungsi yang sangat penting. Bahkan, bisa dibilang bahwa Youtube menjadi mesin pencari kedua setelah Google Search.

Para pengguna yang membutuhkan informasi yang ada kaitannya dengan video akan langsung mengunjungi youtube.com.

Fungsi Youtube

Berikut ini adalah beberapa fungsi dan kegunaan Youtube:

Sebagai tempat belajar

Ada banyak konten kreator yang membagikan video pendidikan, tutorial, hingga hal-hal yang bersifat teknis. Para pengguna lain (viewer) bisa mencari informasi yang mereka butuhkan mengenai hal tersebut dan memanfaatkannya untuk belajar.

Misalnya, trik menghitung cepat (akademis), cara menjahit, cara memasak makanan tertentu, dan yang lainnya. Ada banyak sekali hal yang bisa dipelajari dari platform ini. Semuanya bisa dilihat dalam bentuk video sehingga lebih mudah dicontoh atau ditiru.

Mencari informasi terbaru

Setiap pengguna juga bisa mencari informasi terbaru di Youtube. Misalnya saat ada berita terkini pesawat jatuh, bencana alam, atau yang lain.

Hal ini karena banyak channel TV Indonesia yang sudah mengunggah konten beritanya di situs berbagi video ini.

Hiburan

Ada banyak sekali hiburan yang bisa didapatkan dari Youtube. Di antaranya adalah musik, film, drama, sinetron, acara TV, talkshow, podcast, dan yang lainnya.

Menghasilkan uang

Para kreator video Youtube atau yang lebih sering disebut youtuber bisa menghasilkan uang dengan memasang iklan adsense pada kontennya.

Untuk bisa memasang iklan, masing-masing youtuber harus sudah memenuhi syarat kemudian melakukan pendaftaran. Jika sudah disetujui, maka proses menghasilkan uang dari Youtube dapat dimulai.

Selain lewat adsense, youtuber juga bisa mendapatkan uang dengan cara bekerja sama dengan pebisnis atau produk tertentu. Salah satu sistemnya adalah dengan endorse.

Mengunduh video

Para pengguna bisa mendownload konten yang bisa diunduh untuk ditonton secara offline. Namun, ada beberapa konten yang fitur download-nya non aktif sehingga tidak bisa diunduh. Biasanya konten musik yang mengandung hak cipta.

Mengikuti streaming

Di sini juga sudah ada fitur streaming yang memungkinkan Anda untuk menonton sebuah acara atau konten secara langsung.

Memasarkan produk

Jika punya bisnis, pengguna juga bisa memasarkan produknya melalui platform ini. Misalnya dengan membuat video behind the scene dan semacamnya. Selain untuk branding, cara ini juga bisa meningkatkan kepercayaan pengguna lain atas produk tersebut.

Fitur dan cara menggunakan Youtube

Berikut ini adalah beberapa fitur dan cara penggunaan platform berbagi video ini.

Fitur

Ada beragam fitur yang ada di sini, di antaranya adalah:

  • Memutar video pada waktu yang spesifik.
  • Mengatur waktu tidur (tidak memakai aplikasinya).
  • Video offline.
  • Subscribe dan unsubscribe.
  • Komentar.
  • Like dan dislike.
  • Shortcut keyboard. Contoh: spasi untuk play dan pause (pada laptop).
  • Fitur terjemah atau subtitle.
  • Youtube analitik.
  • Dark mode.
  • Membuat playlist.
  • Sambungan ke smart TV.
  • Pencarian video dan opsi video di home.
  • Notifikasi dan pengelolaannya.
  • Mempercepat konten dan melompati durasi.
  • Video berhubungan, dll.

Fitur platform ini terus diperbaharui dan memberikan kemudahan kepada para penggunanya.

Cara menggunakan Youtube

Untuk mulai menggunakan platform ini, Anda harus mendaftar atau membuat akun terlebih dulu. Akun bisa dibuat menggunakan akun gmail dengan langkah yang mudah.

Bila sudah mendaftar, pengguna bisa langsung menikmati berbagai fitur yang tersedia di Youtube baik melalui aplikasi maupun browser.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles