Streaming sudah sering digunakan tapi tak banyak yang bisa menjabarkan arti sesungguhnya dari istilah ini.

 

Artikel ini akan membahas lebih detail mengenai istilah ini.

Apa yang dimaksud streaming?

Secara teori, streaming adalah proses pengiriman data yang berisi konten dalam bentuk video ke perangkat elektronik, bisa berupa komputer atau HP, via transmisi internet secara konstan.

Apa yang dimaksud streaming

Definisi lainnya adalah proses mentransfer data dari server kepada host (penonton) di mana data yang ditransfer tersebut merupakan representasi dari informasi yang harus disampaikan secara langsung. Data yang dikirimkan di sini bisa berupa grafik, video, audio, web tours, hingga aplikasi secara real time lainnya.

Ada juga yang mengartikan streaming sebagai sebuah proses pengiriman konten baik berupa audio maupun video yang pengirimannya dilakukan via internet dalam bentuk kompres. Konten tersebut bisa dimainkan tanpa perlu didownload terlebih dulu.

Dari beberapa definisi di atas, kita menemukan beberapa kata kunci sebagai penyusun definisi streaming, di antaranya adalah:

  • Pengiriman data.
  • Konten: video, audio.
  • Internet.
  • Real time.
  • Tanpa download.

Dari kata kunci di atas, didapatkan definisi yang paling mudah dari istilah ini, yakni:

Sebuah proses pengiriman data yang berisi konten berupa video dan audio yang dikirimkan melalui internet secara real time sehingga tak perlu proses pengunduhan apabila mau ditonton.

Di era digital seperti sekarang, para pengguna internet sebenarnya sering menikmati streaming yang dilakukan oleh pengguna lain. Sebagai contoh adalah saat menonton video di instagram atau memutar konten yang ada di Youtube.

Konsep dasar video streaming

Sebagai pengguna, Anda perlu tahu konsep dasar dari layanan ini. Berikut ini ringkasan konsep dasarnya:

  • Ketika pengguna atau penonton sedang streaming sebuah file atau konten, maka akan terbentuk buffer di komputer atau perangkat yang sedang digunakan oleh penonton tersebut.
  • Pada waktu yang sama, data video atau audio akan diunduh ke dalam buffer secara langsung pada perangkat pengguna.
  • Dalam hitungan detik, buffer akan terisi sehingga file video atau audionya dapat dimainkan oleh sistem dengan cepat dan saat itu juga.
  • Selama proses stream, sistem akan membaca informasi yang ada di buffer sekaligus mendownload file sehingga proses streaming-nya bisa berjalan dengan lancar.

Catatan: Proses buffer ini dipengaruhi oleh koneksi internet di suatu daerah. Apabila streaming-nya dilakukan di tempat yang koneksinya bagus, maka video juga akan diputar dengan lancar tanpa ada gangguan.

Sebaliknya, jika ada koneksi yang buruk, maka Anda akan menemui kondisi video buffering karena tidak bisa diputar secara cepat sesuai dengan konten yang ada.

Jenis streaming yang digunakan saat ini

Secara umum, streaming sudah banyak dimanfaatkan di dunia digital. Contoh pemanfaatannya adalah untuk beberapa media sosial dan radio online. Nah, masing-masing pemanfaatan tersebut memiliki kategori berbeda.

Jenis streaming

Agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa jenis streaming yang harus Anda tahu:

Prerecord streaming

Sesuai dengan namanya, jenis pertama ini dilakukan dengan cara merekam terlebih dulu konten atau videonya. Setelah direkam, kontennya disimpan di dalam media tertentu. Bentuknya boleh dalam bentuk online maupun fisik. Misalnya via cloud atau hard disk.

Setelah disimpan, host perlu melakukan akses terhadap kontennya apabila sudah diizinkan oleh pemilik konten.

Live streaming

Inilah layanan yang sering digunakan saat ini. Sesuai dengan namanya, live berarti langsung. Jadi, layanan ini bisa dinikmati secara real time atau langsung tanpa melakukan pengunduhan terlebih dulu.

Pada saat Anda menonton di layar HP atau komputer, maka di saat itu juga pemilik konten sedang melakukan perekaman di tempat terpisah.

Layanan ini menjadi salah satu yang paling sering dilakukan di era digital seperti sekarang. Tidak hanya media sosial, marketplace pun sudah menerapkan pemakaian streaming ini.

Fungsi dan kelebihan streaming

Layanan ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa mendukung kinerja mobile di masa sekarang. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Lebih dekat dengan fans, penonton, atau penggemar

Hal pertama yang jelas didapatkan saat bisa melakukan streaming video dan ditonton oleh banyak orang adalah bisa lebih dekat dengan fans atau penonton.

Pengguna bisa menampilkan kontennya secara langsung dan mendapatkan interaksi dari para penonton. Apakah interaksinya negatif atau positif, semuanya bisa dirasakan secara langsung saat proses streaming. Jadi, Anda akan tahu bagaimana engagement kontennya secara langsung dan saat itu juga.

Selain itu, lewat video atau konten yang disaksikan secara langsung ini, penonton juga jadi lebih mengenal Anda sehingga ada kedekatan secara emosional yang lebih baik.

Menghemat waktu

Langkah streaming jelas lebih menghemat waktu. Pasalnya, pengguna tidak perlu mengunduh terlebih dulu kontennya. Mereka bisa secara langsung menonton videonya saat itu juga dan melewati proses download yang kadang memakan banyak waktu.

Menghemat ruang di perangkat

Tanpa adanya proses download, berarti pengguna tidak perlu menyiapkan ruang kosong di penyimpanan.

Dengan kata lain, langkah ini bisa meminimalkan pemakaian ruang penyimpanan dalam rangka mendapatkan informasi tertentu sesuai dengan konten yang diputar.

Ini adalah pilihan yang cukup hemat dan menguntungkan buat HP atau perangkat yang memiliki ruang penyimpanan kecil.

Menampilkan berita terbaru secara real time

Ketika ada berita yang harus disampaikan secara real time karena menyangkut tentang kepentingan massa atau hampir semua orang, maka layanan ini jelas harus dimanfaatkan dengan baik.

Para pemilik informasi bisa memberikan berita secara aktual, cepat, dan terpercaya sesuai dengan rentang waktu yang diperlukan.

Meningkatkan penjualan

Apabila Anda memiliki toko online, kini ada beberapa marketplace yang menerapkan sistem live selling yang konsepnya seperti streaming.

Layanan ini sangat menguntungkan dan bisa meningkatkan penjualan. Pasalnya, Anda bisa langsung menjual produk kepada pembeli di marketplace atau platform yang sudah menyediakan layanannya.

Saat proses penjualan secara streaming berlangsung, pembeli akan merasa lebih aman dan tertarik karena produk yang dijual bisa ditonton secara langsung. Mereka juga akan merasa nyaman untuk membeli sebab produknya terpercaya, real, dan bukan abal-abal.

Cara membuat atau melakukan streaming

Cara membuat atau melakukan streaming

Masing-masing platform punya caranya sendiri-sendiri untuk melakukan proses ini. Sebagai pengguna, Anda hanya perlu mengetahui bagaimana cara masing-masing platform bekerja.

Youtube

Platform ini menyediakan layanan live streaming. Namun, ada syarat khusus yang harus dipenuhi oleh para penggunanya. Artinya, pengguna baru yang belum memenuhi persyaratan belum bisa melakukan stream secara live tapi tetap bisa menonton streaming milik orang lain.

Instagram

Anda bisa melakukan streaming melalui platform ini. Untuk yang sifatnya tidak langsung bisa diunggah ke feed atau IG story. Kalau maunya yang live, silakan gunakan fitur langsung yang ada di story.

Selain dua platform di atas, masih banyak platform lain yang menyediakan layanan streaming. Misalnya, situs nonton video, marketplace, atau yang lainnya.

 

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles