Masing-masing kita sudah sering menggunakan istilah server. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu apa arti sebenarnya.

 

Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai arti istilah ini.

Yang perlu Anda tahu:

  • Pengertian atau definisi.
  • Fungsi.
  • Jenis atau klasifikasinya.
  • Cara kerja.

Apa yang dimaksud dengan server?

Istilah ini sudah sering dipakai dan diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Alasannya, kini semakin banyak orang yang menggunakan perangkat seperti laptop, handphone, atau perangkat lain yang terkoneksi langsung dengan internet.

Apa yang dimaksud dengan server

Dalam bahasa Indonesia, server disebut juga dengan peladen. Istilah ini memiliki arti sebagai sebuah sistem komputer yang memiliki layanan khusus, yakni sebagai tempat penyimpanan data.

Data yang disimpan melalui peladen biasanya adalah informasi atau beberapa jenis dokumen yang bersifat kompleks.

Layanan penyimpanan data ini ditujukan buat para client yang memang memiliki kepentingan untuk memberikan informasi dan data buat para pengunjung atau penggunanya.

Peran utama server adalah sebagai pemberi layanan akses cepat terhadap pengiriman atau penerimaan informasi atau data yang tersedia di dalamnya. Informasi atau data ini tergantung pada jenis servernya.

Server memiliki bentuk fisik dengan ukuran yang sangat besar. Bahkan, bisa sampai seukuran rumah. Wujudnya adalah jaringan-jaringan komputer dengan ukuran besar untuk masing-masing komponennya. Komponen yang ada di dalamnya di antaranya adalah RAM dengan kapasitas besar, juga komponen pendukung prosesor.

Jenis dan fungsi server

Jenis dan fungsi server

Yang disinggung di atas merupakan fungsi utama server, lantas apa ada fungsi lainnya. Berikut ini adalah beberapa jenis server berikut fungsinya:

Web server

Ini adalah peladen khusus yang memberikan layanan terhadap permintaan http dan https. Dalam hal ini, browser mengirimkan kode khusus kepada web server, kemudian server akan menerima dan mengembalikannya dalam bentuk halaman atau laman web.

Nah, laman yang diterima oleh browser ini sudah dalam bentuk CSS dan HTML. Oleh browser, bentuk tersebut diubah dalam tampilan laman yang menarik buat para pembaca.

Sederhananya, begitulah rentetan yang terjadi saat kita melakukan browsing terhadap sebuah situs tertentu melalui web browser.

Fungsi utama dari peladen web ini adalah untuk mengirimkan berkas yang diminta oleh user melalui browser dengan protokol khusus.

Dengan cara ini, para user bisa membaca informasi yang ada di situs dengan mudah karena sudah dalam bentuk teks, gambar, atau konten lain. Bukan dalam bentuk kode-kode yang sulit dipecahkan.

Yang menarik peladen ini kini tidak hanya bisa dipakai untuk mengakses www saja. Lebih dari itu, sudah banyak perangkat keras yang dapat diakses via http guna mengelola pekerjaan atau yang lainnya. Contoh perangkat kerasnya adalah kamera, printer, hingga router web.

Database server

Sesuai namanya, peladen database merupakan sebuah jaringan komputer yang bisa memberi layanan berupa pengelolaan basis data. Selain itu, dia juga bisa menerima permintaan klien untuk melakukan akses terhadap basis data yang ada di servernya.

Peladen ini terdiri dari 4 jenis. Di antaranya adalah object database, relation database, flat file database, dan relational – object database.

Tugas atau fungsi utamanya adalah untuk memberikan layanan big data secara teratur kepada pengguna sehingga bisa melakukan pencarian tertentu dengan cepat.

Banyak lembaga besar yang memakai layanan server ini sebagai media untuk melalukan penyimpanan atas berbagai macam informasi sesuai kebutuhan.

Yang menarik, peladen database juga bisa memberikan layanan berupa akses terhadap suatu data pada banyak orang secara bersamaan.

Mail server

Sesuai dengan namanya, peladen ini fokus pada pesan atau surat. Artinya, tugas utamanya adalah melayani klien dalam bertukar pesan ke sesama user secara elektronik.

Terdapat dua jenis mail server yang harus Anda tahu, yakni kotak atau surat masuk dan keluar.

File server

Ini adalah sebuah jaringan komputer yang bisa memberikan akses terhadap lokasi suatu disk. Pada komputer, disk ini biasanya berisi dokumen. Mulai dari gambar, musik, database, video, hingga dokumen-dokumen penting lainnya.

Peladen ini dibuat agar bisa mempermudah pengguna dalam menyimpan, mengakses, sekaligus mengambil data melalui workstation.

Peran utama dari peladen ini adalah sebagai jantungnya jaringan komputer atau laptop sehingga bisa bekerja dengan cepat. Dengan kapasitas dan RAM yang besar, maka performanya akan semakin baik.

Proxy server

Fungsi dari peladen ini adalah sebagai penghubung antara pengguna dengan web server. Artinya, setiap kali user mengakses web, mereka akan melewati proxy terlebih dulu.

Fungsi utama dari proxy adalah untuk mengamankan alamat IP pengguna saat browsing atau berselancar di internet.

Alamat IP pengguna dapat dengan mudah dilihat secara umum apabila tidak menggunakan proxy. Apabila demikian, maka perangkat yang digunakan sangat rawan terkena virus, malware, atau semacamnya.

DHCP server

DHCP adalah kependekan dari Dinamic Host Configuration Protocol. Ini adalah sejenis server yang fungsinya adalah untuk menjalankan layanan persewaan alamat IP, juga informasi TCP atau IP pada klien.

Layanan yang biasanya menggunakan peladen ini adalah Windows server 2003, 2000, hingga Linux.

Secara garis besar, fungsi peladen DHCP ini adalah memberi layanan alamat IP otomatis kepada host, klien, atau komputer pada jaringan TCP-IP yang memintanya.

Artinya, administrator tidak perlu membuat alamat IP manual karena sistemnya sudah otomatis dari servernya.

Game server

Sesuai dengan namanya, peladen ini dibuat khusus untuk para gamer. Tujuan dibuatnya adalah agar bisa memberikan sensasi bermain yang keren saat para gamer sedang nge-game.

Jenis ini terbagi menjadi dua kategori, yakni eksternal dan internal. Internal adalah peladen yang menggunakan penyimpanan yang ada di komputer pengguna itu sendiri. Sedangkan eksternal adalah peladen yang ruang penyimpanan game-nya disediakan oleh si pengembang game itu sendiri.

FTP server

Kepanjangan dari peladen ini adalah File Transfer Protocol. FTP diartikan sebagai sebuah protokol internet yang dapat memberikan akses data kepada peladen yang ada di satu jaringan.

Bila memakai peladen ini, client dapat request akses untuk melakukan pertukaran file melalui servernya.

Proses yang dilakukan oleh peladen ini adalah dengan memakai kode ASCII. Metode ini sebenarnya berbahaya sebab tidak ada enkripsi saat terjadi proses transfer.

Peladen ini memiliki fungsi utama sebagai pemberi pelayanan kepada client dan pengunjung supaya bisa mentransfer data yang tersimpan pada servernya.

Cara kerja server

Cara kerja server

Secara sederhana, peladen bekerja atas permintaan dari klien. Tanpa itu, dia tidak akan bekerja.

Sebagai contoh, ketika Anda mengetikkan alamat website di address bar sebuah browser, maka berarti komputer yang Anda gunakan untuk mengakses adalah klien. Komputer akan meminta informasi kepada web server sesuai dengan website yang Anda masukkan ke komputer tersebut.

Selanjutnya, web server akan mengirimkan isi atau konten situs yang dimaksud ke komputer Anda dengan tampilan yang mudah dipahami. Pada akhirnya, Anda pun bisa dengan mudah mengakses laman tersebut dengan cepat dan mudah.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles