Poin penting

  • Instagram menyanggupi permintaan pengguna dengan menambahkan folder Recently Deleted
  • Semua konten baik foto dan video Instagram yang dihapus akan tersimpan di Recently Deleted selama 30 hari
  • Stories yang dihapus dan tidak dipindah ke arsip akan otomatis masuk ke folder Recently Deleted dalam 24 jam

Instagram baru saja menambahkan fitur baru yang bernama “Recently Deleted”. Fitur ini diharapkan bisa membantu para Instagrammer untuk lebih mudah mengelola kontennya.

Instagram mengatakan bahwa pihaknya telah mendapat permintaan untuk menambah fitur ini dari para penggunanya. Dengan adanya fitur ini, Anda pengguna Instagram bisa meninjau dan mengembalikan konten yang terhapus di aplikasi Instagram.

Fitur Recently Deleted Instagram

Recently Deleted adalah fitur yang Instagram tambahkan sebagai perlindungan untuk mencegah hacker yang membahayakan akun maupun menghapus postingan yang Anda bagikan di Instagram.

“Kami tahu hacker terkadang menghapus konten ketika mereka mendapatkan akses ke akun pengguna, dan sampai saat ini orang-orang  tidak memiliki cara yang mudah untuk mendapatkan kembali foto dan video mereka.” ungkap Instagram lewat blognya (2/2/2021).

Instagram juga menegaskan mulai hari ini, pihaknya akan memverifikasi terlebih dulu kepada pemilik ketika menghapus akun secara permanen atau ketika ingin mengembalikan konten dari tab Recently Deleted.

Fitur Recently Deleted Instagram

Bagaimana cara kerja Recently Deleted

Ketika Anda menghapus konten di Instagram (Foto, Videos, Reels, IGTV), konten tersebut tidak akan langsung terhapus. Semua foto dan video yang Anda hapus dari akun Instagram Anda akan otomatis masuk ke folder Recently Deleted.

Stories Intagram yang dihapus dan tidak masuk di arsip akun Anda akan tetap berada di folder Recently Deleted selama 24 jam. Selain itu, semua konten akan otomatis terhapus dalam jangka waktu 30 hari.

Selama 30 hari, Anda tetap bisa mengakses konten yang terhapus lewat menu Settings > Account > Recently Deleted di versi terbaru aplikasi Instagram baik Android dan iOS. Di folder Recently Deleted Anda bisa memilih untuk mengembalikan atau menghapus secara permanen konten yang ada di sana.

Tagged in:

About the Author

Tim Jatimtech

Media industri aplikasi mobile. Memberikan ulasan aplikasi, tips & trik aplikasi, rekomendasi aplikasi dan berita terkini.

View All Articles