Bagi sebagian orang, iOS bukanlah istilah yang asing. Namun, sebagian yang lain masih awam dengan sistem operasi dari iPhone ini.

 

Artikel ini akan mengulas lebih rinci mengenai OS smartphone satu ini.

Yang perlu Anda tahu:

  • Definisi atau pengertian.
  • Sejarah.
  • Urutan versi iOS.
  • Kelebihan.
  • Kekurangan.

Apa yang dimaksud dengan iOS?

iOS adalah singkatan dari iPhone Operating System. Sesuai dengan namanya, definisi iOS adalah sebuah sistem operasi yang secara khusus dikembangkan oleh Apple, inc. dan digunakan pada perangkat kerasnya seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch.

Apa yang dimaksud dengan iOS

Sebelum terkenal dengan istilah iOS, sistem operasi ini juga dikenal dengan nama iPhone OS. Penyebutannya mulai berubah saat iPad mulai diperkenalkan secara umum.

Secara sederhana, istilah ini menghubungkan antara pengguna dengan perangkat keras atau fisik. Dia mampu menafsirkan perintah aplikasi kemudian memberikan akses pada aplikasi ke fitur yang ada di perangkat. Misalnya akses penyimpanan dan layar multi-touch.

Perlu Anda tahu bahwa OS ini cukup unik dan berbeda dari sistem operasi lainnya, di mana dia mampu menempatkan masing-masing aplikasi pada tempat tertentu dengan pelindungnya sendiri-sendiri. Hal ini membuat aplikasinya aman dan tercegah dari aplikasi lain yang berpotensi merusak.

Desain semacam ini juga membuat perangkat makin aman dari serangan virus atau segala bentuk malware lainnya.

Sejarah iOS

Sejarah OS ini dimulai dengan kehadiran iPhone. Tepatnya pada tahun 2005, di mana Steve Jobs merencanakan pembuatan iPhone. Saat itu, Jobs punya pilihan untuk mengecilkan Mac atau memperbesar iPod.

Sejarah iOS

Persaingan internal pemimpin Mac dan iPod (Scott Forstall dan Tony Fadell) akhirnya dimenangkan oleh Forstall. Di mana kemudian Forstall lah yang disepakati menciptakan sistem operasi iPhone.

Sejak pertama kali diluncurkan sampai sekarang, sudah ada banyak versi dari sistem operasi ini.

Urutan versi iOS

Berikut ini adalah beberapa urutan iOS dalam versi ringkas:

iOS 1

Versi awal dari OS pertama ini dirilis pada 29 Juni 2007. Sementara finalnya dirilis pada 15 Juli 2008. Pemakaiannya berakhir pada tahun 2010.

Di antara fitur kunci yang bisa dinikmati pengguna adalah multitouch interface, visual voicemail, safari, dan aplikasi musik.

iOS 2

Versi awalnya dikeluarkan pada 11 Juli 2008. Sementara finalnya muncul pada 27 Januari 2009. Pemakaiannya berakhir pada tahun 2011. Fitur utama yang disematkan di antaranya adalah App Store dan Maps.

iOS 3

Mulai rilis pada 17 Juni 2009 sementara finalnya rilis pada 11 Agustus 2010. Program versi 3.2.2 ini selesai pada tahun 2012.

Fitur yang disematkan di antaranya adalah copy paste, perekaman video, dan spotlight search.

iOS 4

Versi pertama hingga ketiga sebenarnya disebut dengan iPhone OS. Saat itu, istilah iOS belum digunakan.

Versi keempat awal hadir pada tanggal 22 Juni 2010. Kemudian finalnya adalah 4.3.5 yang diluncurkan pada 25 Juli 2011.

Sistem yang berhenti pada 2013 ini memiliki fitur FaceTime, AirPrint, Multitasking, AirPlay, iBooks, dan Personal Hotspot.

iOS 5

Varian awalnya hadir pada tanggal 12 Oktober 2011 dan versi finalnya 5.1.1 mulai ada sejak 7 Mei 2012. OS yang berhenti sejak 2014 ini memiliki tambahan fitur seperti iCloud, iMessage, Wireless syncing and activation, dan notification center.

iOS 6

Mulai hadir pada 19 September 2012 dengan versi final 6.1.6 meluncur pada 21 Februari 2014. Sistem operasi ini mulai berakhir pada 2015 dengan fitur utamanya adalah Apple Maps, Passbook (sekarang dikenal Wallet) dan Do Not Disturb.

iOS 7

Versi inisialnya mulai ada sejak 18 September 2013 dan finalnya 7.1.2 pada 30 Juni 2014. Endingnya pada tahun 2016 dengan fitur utama Activation Lock, Touch ID, Control Center, CarPlay, dan AirDrop.

iOS 8

Varian ini mulai hadir sejak 17 September 2014 dan finalnya 8.4.1 rilis pada 13 Agustus 2015. Sistem operasi ini berakhir pada 2016 dengan fitur utama seperti Apple Music, iCloud Drive, Apple Pay, Handoff, Third-party keyboards, Family Sharing, dan HomeKit.

iOS 9

Mulai muncul pada 16 September 2015, sistem operasi iPhone ini hadir secara final dengan versi 9.3.9 pada 22 Juli 2019. Fitur utama yang disematkan adalah Night Shift, Public beta program, dan Low Power Mode.

iOS 10

Varian ini masih digunakan sampai sekarang pada beberapa perangkat. OS terbaru versi ini adalah 10.3.4 yang mulai dirilis pada 22 Juli 2019. Awalnya, OS ini dikenalkan pada 13 September 2016. Fitur yang tersemat di dalamnya adalah iMessage apps dan delete built-in apps.

iOS 11

Mulai rilis pada 19 September 2017, OS ini masih digunakan sampai sekarang pada beberapa perangkat dengan versi 11.4.1 yang diluncurkan pada 9 Juli 2018. Fitur yang ditambahkan pada versi terbaru ini adalah AirPlay 2, Augmented reality, dan major enhancements on iPad.

iOS 12

Perilisan awalnya mulai pada 17 September 2018. Kemudian, saat ini digunakan OS 12.4.8 yang mulai dikenalkan pada 15 Juli 2020. Fitur utama yang tersemat adalah Screen Time, ARKit 2, notifikasi yang dikelompokkan, peningkatan pada Siri (misalnya, Shortcut Siri), dan Memoji.

iOS 13

Sistem operasi ini memiliki beragam fitur, di antaranya adalah System wide dark mode, sign in dengan akun pengguna Apple, opsi portrait lighting, suara Siri yang sudah ditingkatkan, Look Around, Reminders, Notes, pengaturan privasi dan keamanan yang makin lengkap, dll.

Awalnya, OS 13.0 ini dikenalkan pada 19 September 2019 kemudian versi akhirnya 13.7 muncul pada 1 September 2020.

iOS 14

Varian ini mulai hadir pada 17 September 2020 dengan nama 14.0. Sampai sekarang, pengguna masih memakai varian yang sama, yakni 14.0.

Fitur yang tersemat adalah Homescreen widget dengan kustomisasi yang keren, App Clips, mode PIP (picture in picture), translate bahasa untuk 11 bahasa, dll.

Kelebihan dan kekurangan iOS

Kelebihan dan kekurangan iOS

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi ini:

Kelebihan

  • Bisa back up dan restore dengan baik melalui dukungan iCloud, penyimpanan Cloud dari iPhone.
  • Adanya koneksi antara iOS dengan Mac OS X.
  • Konten yang berasal dari luar negeri dan tersaji di App Store merupakan yang terbaru.
  • Sistem operasinya terintegrasi langsung dengan ponsel sehingga lebih stabil dan versinya selalu update dengan rilisan terbaru.
  • Proses login ke akun Google dapat dilakukan dengan mudah, khususnya untuk pengguna versi terbaru.

Itulah beberapa kelebihan dan keunggulan OS ini.

Kekurangan

Berikut ini adalah beberapa kekurangannya:

  • Hanya bisa digunakan pada merek iPhone saja sebab sifat pemrogramannya adalah Close Source.
  • Harga mereknya tergolong mahal sehingga tidak semua orang bisa menjangkaunya.
  • Pengiriman data pada sistem operasi ini cukup terbatas.
  • Pertukaran data kurang efektif.
  • Aplikasi dan game di App Store banyak yang berbayar.
  • Karena update-nya versi terbaru langsung bersama perangkatnya, maka perangkat lama kadang tidak bisa digunakan secara maksimal atau malah harus berhenti dipakai.

Itulah ulasan sekilas tentang iOS. Mulai dari pengertian, sejarah, versi dan fiturnya, hingga kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat.

 
Tagged in:
, , ,

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles