Mayoritas pengguna internet sudah kenal siapa itu Google. Bahkan, ada yang sengaja menjulukinya “Mbah Gugel” karena tahu apa saja. Meski begitu, tak banyak yang bisa menjabarkan arti dari istilah ini.

 

Artikel ini akan membahas detail tentang “Mbah Gugel”.

Yang perlu Anda tahu:

  • Pengertian atau definisi.
  • Sejarah.
  • Produk atau layanannya.

Apa yang dimaksud dengan Google?

Google adalah sebuah mesin pencari yang ada di internet. Lewat mesin pencari ini para pengguna bisa menemukan informasi apa saja atau mengajukan pertanyaan apa saja yang dikehendakinya.

Apa itu Google?

Platform ini berada di bawah naungan Google LLC, yakni perusahaan multinasional Amerika Serikat yang khusus mengeluarkan produk jasa dan internet.

Masing-masing produk dari perusahaan ini sudah tidak asing bagi para netizen di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Semua pengguna internet pasti pernah menggunakan produk dari perusahaan ini, di antaranya adalah perangkat lunak, periklanan daring, komputasi web, pencarian (mesin pencari), dan yang lainnya.

Sejarah Google

Perusahaan ini didirikan oleh Larry Page dan Sergey Bin yang saat itu masih menjadi mahasiswa Ph.D di Stanford University. Keduanya memegang saham 16 % di perusahaan dan menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tahun 1998.

Sejarah Google

Perusahaan ini memiliki misi untuk mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya bisa diakses sekaligus bermanfaat buat semua orang.

Itulah mengapa, lewat layanan dari “Mbah Gugel” pengguna bisa mendapatkan apa yang diinginkan dengan mudah. Mulai dari informasi, berita terbaru, hiburan, bahkan uang pun bisa didapatkan di sini.

Pada tahun 2006, kantor pusat perusahaan ini berpindah ke Mountain View, California.

Perkembangan

Sejak didirikan, perusahaan ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dia mampu menghasilkan beragam produk yang bermanfaat buat para penggunanya. Selain itu, sudah ada akuisisi hingga kerja sama di bidang mesin pencari inti Google.

Perusahaan ini menawarkan software produktivitas daring, surat elektronik, paket aplikasi, hingga jejaring sosial. Tersedia juga layanan penjelajahan web, penyuntingan foto, hingga pesan instan.

Menariknya lagi, Google-lah yang menjadi pemrakarsa pengembangan sistem operasi Android untuk HP dan Google Chrome OS. Sistem operasi inilah yang kini digunakan oleh banyak pengguna smartphone di seluruh dunia.

Perkembangan di lini hardware juga terbilang sukses. Bekerja sama dengan produsen elektronik besar, perusahaan raksasa ini membuat Nexus hingga melakukan akuisisi terhadap Motorola Mobility. Proses akuisisi ini terjadi pada tahun 2012.

Itulah sekilas perkembangan dari Google yang kini menjadi perusahaan raksasa dunia karena memberikan manfaat yang sangat banyak bagi para penggunanya. Perusahaan ini terus berkembang hingga sekarang dengan inovasi-inovasi baru yang keren.

Uniknya, setiap pengembang di perusahaan ini menyisakan 20 % waktu kerja mereka untuk proyek-proyek menarik yang sedang mereka garap.

Produk atau layanan Google

Sudah lebih dari 20 tahun perusahaan ini menemani seluruh penggunanya yang tersebar di seluruh dunia. Adapun produk-produk inovatif dan bermanfaat yang dimilikinya adalah:

Google Search

Perusahaan ini dikenal luas oleh para pengguna karena layanan pencariannya. Sesuai dengan misinya, lewat produk ini, perusahaan bisa mengumpulkan informasi dari seluruh dunia dan membagikannya sehingga bermanfaat untuk para pengguna.

Pada tahun 2007, perusahaan ini menjadi mesin pencari yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Baru disusul oleh Yahoo dan Live search.

Saat ini, Google memiliki miliaran halaman web yang bisa ditemukan oleh pengguna dengan mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian. Sekarang, seluruh pengguna juga bisa memanfaatkan suara dan gambar untuk mencari sesuatu yang mereka butuhkan.

Google Maps

Produk ini merupakan salah satu layanan pencarian yang secara khusus fokus pada lokasi. Layanan ini bisa diakses menggunakan smartphone (dalam bentuk aplikasi). Bisa juga langsung dicek lewat browser yang ada di laptop atau komputer personal.

Produk atau layanan Google Maps

Lewat produk ini, setiap pengguna bisa melihat peta dunia secara mudah dan melihat lokasi dalam bentuk yang lebih nyata. Petunjuk pencarian lokasinya pun sudah canggih dan memudahkan setiap pengguna.

Gmail

Inilah layanan surel yang ada di perusahaan yang berkantor di California ini. Gmail merupakan layanan email yang makin hari makin diminati karena kemudahan pembuatannya. Produk ini diluncurkan pada tahun 2004.

Yang menarik, gmail sudah dilengkapi dengan penyaring spam dan fitur pencarian surel yang cepat. Saat pengguna membuka email, di layar akan terlihat iklan Google Adwords yang merupakan sumber pendapatannya.

Google Books

Produk ini menyediakan layanan berbasis pencarian untuk buku-buku tertentu. Para pengguna juga bisa langsung melihat bukunya secara mudah dan cepat.

Google Earth

Produk dengan basis pencarian berikutnya adalah Google Earth. Layanan ini fokus pada peta bumi dengan tampilan yang interaktif dan dilengkapi dengan fotografi udara.

Google Docs

Penyimpanan dokumen bisa dilakukan dengan mudah melalui fasilitas ini. Anda bisa membuat dan menyimpan beragam jenis dokumen ke dalamnya.

Google Adsense

Ini adalah produk jasa yang dikeluarkan oleh Google untuk seluruh pemilik web. Di sinilah para pemilik situs atau blog dapat menghasilkan uang lewat tulisan dan postingannya yang dapat dibaca oleh seluruh pengguna.

Sistemnya adalah dengan menampilkan iklan di laman web sang pemilik sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pencari informasi.

Google Adwords

Adwords merupakan produk jasa pengiklanan yang ditawarkan kepada seluruh pengguna yang ingin iklannya tampil di halaman pencarian. Nantinya, iklan ini akan tampil di laman web relevan sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

Google Video

Awal 2006, produk ini diluncurkan oleh perusahaan dengan sistem gratis untuk mencari, melihat, hingga menyebarkan isi video. Yang bisa dilihat di produk ini di antaranya adalah pertandingan basket NBA, musik, hingga acara televisi.

Google Analytics

Isi produk ini adalah layanan untuk para webmaster yang ingin melakukan analisa terhadap performa situsnya.

Google SMS

Perusahaan ini juga pernah punya fasilitas pesan singkat yang diluncurkan pada tahun 2007 di India. Layanan ini berisi daftar bisnis, informasi dalam bentuk pesan singkat, hingga jadwal pemutaran film.

Google Translate

Layanan ini khusus buat para pengguna yang mau menerjemahkan dari bahasa A ke bahasa B. Pilihan bahasanya sangat banyak dan masing-masing user bebas memilihnya dengan mudah dan cepat.

Google Drive

Layanan ini dikaitkan dengan Google Docs (document). Anda bisa menyimpan dokumen dan segala jenis file di fasilitas satu ini.

Google Chrome

Chrome merupakan browser yang memberikan layanan cepat untuk seluruh penggunanya. Browser ini ringan dan tidak membutuhkan banyak space memori besar.

Browser-nya sudah tersedia untuk smartphone dan komputer. Pada penggunaan di smartphone, aplikasinya juga sudah kompatibel dengan berbagai macam website. Bahkan, beberapa situs streaming menonton drama menyarankan pemakaian Chrome terbaru.

Google Play

Layanan ini sering disebut dengan Play Store. Sesuai dengan namanya, Play Store merupakan toko aplikasi di mana para user bisa menemukan aplikasi favorit yang dibutuhkan untuk dipasang di smartphone.

Saat mencari dan mau memasang aplikasi, Anda bisa mengecek bagaimana review dari pengguna lainnya hingga rating yang didapatkan oleh aplikasi tersebut.

Selain produk-produk di atas, Google masih memiliki lebih banyak layanan lainnya. Di antaranya adalah Webmaster, Google+, Google Sites, Assistant, dan yang lainnya.

About the Author

Tim Jatimtech

Situs teknologi yang menyajikan ulasan, tips & trik aplikasi, rekomendasi produk dan berita terkini.

View All Articles