Google akhirnya resmi merilis generasi terbaru Android pada 6 Agusutus 2018 waktu setempat. Diberi nama Android 9 Pie, versi stabil Android ini siap beroperasi di Google Pixel.  Sedangkan smartphone OEM lain yang menjadi rekanan program beta dengan Google, baru mendapat update di akhir musim gugur, atau akhir bulan November.

Android P merupakan seri ke 9 sistem operasi yang dirilis Google, suksesor dari Android Oreo. Di update Android kali ini, Google membenamkan fitur AI, sebuah fitur yang membuat smartphone nantinya lebih pintar.

Mengutip dari Blog Android (8/8/19), Android P nantinya bisa belajar dari penggunanya, semakin sering digunakan semakin bekerja lebih baik untuk penggunanya. Android P juga bisa memprediksi aktifitas yang biasanya kamu lakukan, memprioritaskan daya baterai untuk aplikasi yang sering pengguna gunakan, serta membantu berhenti menggunakan smartphone di penghujung hari.

Singkatnya Google mengembangkan  Android 9 Pie agar bisa beradaptasi dengan penggunanya serta mengenali bagaimana kebiasaan penggunanya.