Situs Tips & Berita Teknologi

Inilah Yang Terjadi Jika : Ampas Kopi VS Efek Rumah Kaca

0

Jatimtech.com – Bagi Anda penyuka kopi, ampas kopi tidak berarti apa-apa. Kerna tentu Anda akan mengabaikan sisa dari bubuk kopi yang telah tercampur air ini. Namun tidak bagi pera peneliti dari Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST) Korea Selatan. Bagi mereka ampas kopi merupakan material penting untuk melawan efek rumah kaca yang membahayakan bagi atmosfir bumi. Seperti dilansir dari IOP Publisihing (2/9/2015).

Menurut peneliti dari Korea Selatan, ampas kopi bisa digunakan sebagai bahan penangkap metana yang dapat membahayakan atmosfir bumi. Peneliti tersebut melakukannya dengan mencampur ampas kopi Kolumbia, dark roast, dan tanah halus. Ketiga bahan utama tersebut dimasukkan dalam larutan kalium hidroksida. Kemudian campuran bahan tersebut dipanaskan ke dalam suhu 65 derajat Celcius dan diaduk selama 24 jam non stop.

Setelah melewati waktu 24 jam, ramuan kopi tersebut kemudian dikeringkan dengan menggunakan oven pada suhu 100 derajat Celcius. Untuk mengaktifkan penangkap metana, peneliti memindahkan semua bahan yang telah tercampur itu pada sebuah tungku dengan suhu 700 – 900 derajat Celcius.

Peneliti UNIST berkeyakinan jika campuran ampas kopi dengan bahan-bahan tersebut yang telah diolah dapat menangkap gas metana lebih baik daripada bahan lainnya. Mereka bahkan mengklaim jika ampas kopi merupakan penyerap paling brilian diantara penyerap gas metana lainnya.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.