Amazon Handmade Siap Bersaing dengan Etsy

Raksasa elektronik commerce (e-commerce), Amazon ternyata juga meluncurkan produk “handmade”. Amazon Handmade merupakan salah satu produk terbaru dari Amazon yang fokus terhadap barang handmade. Penguasa internet retail di Amerika Serikat ini rupanya tengah mengganggu ketenangan dari Etsy yang juga berjualan produk handmade.

Etsy merupakan situs jual beli online (e-commerce) yang fokus terhadap produk handmade dan barang antik. Memungkinkan semua orang dapat menjual produk handmade dan barang antik melalui platform Etsy. Walaupun tidak sebesar Amazon, Etsy ternyatasudah lebih dulu eksis dalam urusan barang-barang handmade. Kurang lebih satu dekade (10 tahun) Etsy bertahan sejak pertama kali didirikan. Namun semakin bertambahnya usia, Etsy dikabarkan mengalami penurunan keuntungan.

Memanfaatkan kondisi Etsy saat ini, Amazon berupaya meluncurkan tandingan dari Etsy, yang dinamakan Amazon Handmade. Beberapa media menulis bahwa Amazon sedang berusaha meluncurkan “Etsy Killer” dengan Amazon Handmade. Sebagai bagian dari persiapan, Amazon mulai bergerilya dengan mengirim beberapa email kepada para penjual Etsy untuk memeriksa preview dari Handmade. Email tersebut berisi kuisioner tentang barang-barang yang telah terjual di Amazon, serta mendata produk yang saat ini mereka jual.

Namun untuk mensukseskan misi dari Amazon Handmade, mereka harus terlebih dahulu memikirkan tentang strategi marketing untuk mengalahkan Etsy. Seperti yang kita ketahui bahwa Etsy mempunyai potongan yang cukup ringan dibandingkan e-commerce retail yang lain. Etsy hanya mengambil sekitar 3,5 % dari harga penjualan produk.

DON'T MISS

Tulis Komentar