Home » Software » Alat Pendeteksi Ikan Ini Akan Berguna Bagi Nelayan

Alat Pendeteksi Ikan Ini Akan Berguna Bagi Nelayan

alat-pendeteksi-ikan
alat pendeteksi ikan (gambar : marketeers)

Indonesia adalah negara maritim, dimana sebagian besar wilayahnya adalah laut. Banyak masyarakat Indonesia yang berprofesi sebagai nelayan. Baru-baru ini ada sebuah alat pendeteksi ikan “mFish”. Dengan alat pendeteksi ini, mungkin akan memudahkan bagi nelayan atau mereka yang mempunyai hobi memancing.

mFish merupakan alat pendeteksi ikan hasil kerjasama antara perusahaan komunikasi Amerika Serikat dan operator seluler di Indonesia “XL”. Mereka bekerjasama untuk memperkenalkan sebuah alat pendeteksi ikan dengan menggunakan konektivitas mobile untuk meningkatkan kesinambungan skala kecil dan perikanan artisanal (perikanan tradisional).

Perikanan artisanal adalah bentuk perikanan tradisional yang biasa dilakukan oleh para nelayan di Indonesia. Dengan penggunaan modal dan energi dalam bentuk kecil. Begitu juga dengan kapal nelayan yang kemampuan dan berdaya kecil.

alat-pendeteksi-ikan

alat pendeteksi ikan (gambar : marketeers)

Caranya, dengan melakukan short fishing dan trip di sekitar wilayah pesisir. Hasil yang diperoleh juga untuk kebutuhan konsumsi lokal. Biasanya perikanan artinasial berada di perairan teluk, lebih tepatnya di perairan berkarang. Dimana tempat-tempat berkarang di tepian laut adalah sumber ikan. (academia.edu)

Proyek kerjasama antara dua perusahaan tersebut akan diberdayakan pada nelayan di Lombok. Dengan alat pendeteksi ikan mFish, masyarakat Lombok akan diberikan akses mobile tak terbatas untuk membantu para nelayan. Tujuannya agar mereka lebih up to date dengan kondisi cuaca terkini, berbagi lokasi, serta menavigasi daerah .

Tujuan lain dari alat pendeteksi ikan mFish adalah untuk mempromosikan praktek penangkapan ikan secara berkesinambungan. Selain itu juga, mFish dapat mendorong efisiensi dan meningkatkan keamanan di kalangan nelayan.

alat-pendeteksi-ikan

alat pendeteksi ikan (gambar : vimeocdn)

Dengan bantuan provider seluler XL, memungkinkan para nelayan untuk bertransaksi dengan pembeli melalui fitur mobile wallet. XL juga memudahkan para nelayan untuk mendapatkan informasi real time tentang permintaan pasar dan harga ikan. Alat pendeteksi ikan mFish juga turut serta membantu para nelayan untuk menciptakan jaringan keamanan antar nelayan dan mengatur jadwal penangkapan ikan.

Alat pendeteksi ikan mFish dapat diinstal melalui smartphone Android. Pada aplikasi ini, terdapat nada khusus sebagai tanda keberadaan ikan. Dengan baterai bertenaga matahari dan tas khusus yang kedap terhadap air laut.

Mungkin alat pendeteksi ikan ini tidak hanya berguna bagi nelayan. Tetapi juga akan berguna bagi mereka yang gemar memancing di laut, atau lumrah disebut sebagai “mancing mania”. Sekedar informasi bagi Anda, bahwa mFish bukanlah alat pendeteksi ikan satu-satunya. Karena sebelumnya sudah pernah ada alat pendeteksi lainnya seperti Fish Finder yang memanfaatkan GPS untuk mendeteksi ikan.

Sumber : asia.pcmag

Written by
Songwriter yang merangkap sebagai content writer. Baru menjajaki dunia blogging. Merupakan pribadi yang memiliki "a sense of humor" yang cukup baik.