Home » Sains » Alat Pacu Jantung yang Ditanamkan Pada Janin

Alat Pacu Jantung yang Ditanamkan Pada Janin

alat-pacu-jantung-mini
alat pacu jantung mini (gambar : LHCA)

Sudah banyak kejadian di sebuah rumah sakit, bayi lahir dengan kondisi cacat jantung. Kejadian ini memungkinkan bayi tidak akan bertahan lama. Dalam waktu dekat akan ada sebuah alat pacu jantung yang ditanamkan pada janin. Ini untuk menanggulangi cacat jantung pada bayi pada saat baru dilahirkan.

Para ilmuwan dari Children’s Hospital Los Angeles (CHLA) dan The University of Southern California telah melakukan penelitian tentang miniatur alat pacu jantung. Implantasi pada janin ini ditujukan untuk membantu janin yang menderita penyumbatan jantung bawaan dari rahim. Miniatur alat pacu jantung ini mengandung energi listrik. Akan sangat berbahaya jika tidak tepat penggunannya.

Sebelumnya sudah pernah dilakukan implantasi alat pacu jantung untuk orang dewasa dengan ukuran standar. Alat pacu jantung ini menggunakan kabel di luar rahim Ibu, namun usaha ini gagal. Hal ini dikarenakan elektroda terlepas dari rahim saat janin bergerak.

Kegagalan tersebut memberikan inspirasi bagi para ilmuwan untuk membuat alat pacu jantung versi mini. Dengan perubahan ukuran yang menjadi lebih kecil dari sebelumnya. Memungkinkan alat pacu jantung tidak akan terlepas walaupun janin banyak bergerak. Alat pompa jantung ini juga memeberikan harapan bagi para Ibu hamil agar tidak terjadi keguguran. Alat ini juga memperkuat jantung bayi pada kelahiran prematur.

Sumber : gizmag

Have your say!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>