Software

Akhirnya Windows 10 Rilis 29 Juli, Ini Cara Upgradenya

Jadwal rilis generasi terbaru Windows 10 akhirnya terungkap juga. Microsoft yang selama ini selalu merahasiakan jadwal peluncuran OS terbarunya tersebut, kini memastikan Windows 10 akan resmi dirilis ke publik tanggal 29 Juli 2015.

Melalui postingan di blog resmi Windows, Terry Myerson selaku Microsoft’s Executive Vice President of Operating Systems menuliskan Windows 10 nantinya akan didukung oleh asisten virtual Cortana.

Myerson juga menjelaskan, setelah mendapat masukan dari para tester, Microsoft telah meningkatkan kualitas dari Windows 10, dan saat ini siap untuk menggulirkan upgrade gratis kepada1,5 miliar pengguna Windows di 190 negara di seluruh dunia.

Dengan Windows 10, Microsoft berharap dapat memberikan pengalaman berkomputer yang lebih personal, dengan perlindungan informasi personal yang lebih baik, pengalaman mobilitas lintas perangkat, serta interaksi yang lebih natural dengan perangkat Windows.

Microsoft kali ini lebih jeli saat merespon permintaan para pengguna Windows, salah satunya dengan menampilkan kembali fitur Start menu. Ya, fitur yang sebelumnya dihilangkan di Windows 8 tersebut kini hadir kembali di Windows 10 dengan tampilan dan fitur yang lebih ditingkatkan.

Selain itu fitur quick startup and resume juga kembali dihadirkan di Windows 10, pengguna dapat membuka Windows dengan lebih cepat dari sebelumnya. Untuk urusan keamanan, Microsoft masih mempercayakan WIndows Defender yang menawarkan update keamanan gratis, sama seperti di generasi Windows sebelumnya.

Lalu bagaimana cara upgrade OS Windows 10 dari Windows sebelumnya?

Notifikasi Upgrade Windows 10 pada Windows 7
Notifikasi Upgrade Windows 10 pada Windows 7

Microsoft menjelaskan proses upgrade Windows 10 ini didesain untuk kompatibel untuk semua perangkat Windows. Jadi bagi Anda yang ingin mendapatkan upgrade gratis ke Windows 10 ini, pastikan komputer Anda berjalan pada Windows 7 Service Pack 1 (SP1) atau Windows 8.1 (yang telah diupdate dari Windows 8).