Sains

Adidas Memanfaatkan Limbah Plastik Untuk Sepatu Terbarunya

JATIMTECH.com – Sebagai perusahaan olahraga terkemuka, Adidas terus melakukan inovasi dalam menciptakan produk. Kita tahu bahwa Adidas merupakan apparel dari berbagai produk olahraga. Salah satu produk unggulannya adalah sepatu merek Adidas. Kali ini Adidas mencoba berinovasi membuat sepatu dengan teknologi 3D Print. Oleh karena itu Adidas memanfaatkan limbah plastik di laut sebagai bahan utamanya. Seperti dilansir dari Engadget (9/12/2015).

Jika kita kembali pada bulan Juni, Adidas merilis sepatu yang hampir seluruh bahannya terbuat dari limbah laut daur ulang. Produk yang menandai awal kemitraannya dengan Parley, sebuah organisasi berusaha untuk memerangi polusi laut di seluruh dunia.

Sekarang Adidas telah mengambil satu langkah lebih jauh. Desain baru sepatu Adidas memiliki midsole 3D Print. Bahan ini diciptakan dari poliester daur ulang dan pukat. Ya, Adidas menggunakan jaring yang biasanya digunakan untuk menangkap ikan. Bagian atas sepatu diproduksi dengan bahan plastik laut juga. Adidas mengatakan bahwa mereka ingin membuat konsep sepatu ramah lingkungan.

Bulan lalu Adidas juga memperkenalkan Futurecraft 3D. Ini adalah titik awal dimulainya teknologi cetak 3D pada sepatu Adidas. Ini semakin menguatkan persepsi bahwa Adidas benar-benar ingin “meramahkan lingkungan”, dengan digunakannya limbah plastik sebagai bahan dasar sepatu.

Baik Adidas ataupun Parley, keduanya sepakat untuk memerangi polusi laut. Di mana salah satunya disebabkan oleh limbah plastik yang bertebaran di laut lepas. Kedua belah pihak juga sepakat untuk menjadikan pemberantasan polusi sebagai tujuan akhir dari proyek mereka.