Jika selama ini tablet lebih sering mengadopsi Android dan Windows, kali ini Acer mencoba sesuatu yang berbeda. Yap, pabrikan asal Taiwan itu resmi memperkenalkan tablet baru bernama Chromebook Tab 10 yang ditenagai Chrome OS, sistem operasi yang juga dibuat oleh Google. Tablet Acer akan dirilis pada bulan April dan dijual dengan harga $329.

Acer Chromebook Tab 10 memiliki layar 9,7 inci (2048×1536 piksel), serupa dengan iPad 9,7 inci. Jeroannya didukung oleh prosesor OP1 digabungkan dengan RAM 4GB. Tablet ini memiliki kamera 5-megapiksel di bagian belakang dan kamera 2-megapiksel di bagian depan serta penyimpanan internal 32GB.

Ditenagai oleh baterai yang diklaim mampu bertahan selama 9 jam waktu bermain, Chromebook Tab 10 membawa konektivitas Wi-Fi, port USB Type-C, headphone jack 3.5mm, dan Bluetooth v4.1.

Menariknya, Acer Chromebook Tab 10 hadir dengan Wacom EMR Stylus yang dapat ditanamkan dalam slot dan tidak memerlukan pengisian daya. Selain itu, kamera belakang juga mendapatkan dukungan Google Expedition AR untuk pembelajaran di kelas. Google mengatakan, “Para guru dapat membawa siswa di Google Ekspedisi ke Great Barrier Reef, Colosseum, dan bahkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional — semua diakses dari layar perangkat Chrome mereka.”

Lebih jauh tablet ini juga dapat mengakses Google Play di mana pengguna dapat mengunduh aplikasi Android dan menjalankannya secara normal. Acer akan menjual Chromebook Tab 10 ke publik tetapi lebih menargetkan kalangan di dunia pendidikan.