Home » Internet » Serba Serbi » 5 Cara Menghemat Kuota Internet

5 Cara Menghemat Kuota Internet

Ilustrasi gadis bermain game online
Ilustrasi gadis bermain game online (Gambar: geekjuicemedia)

Internet sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mereka yang suka berselancar di dunia maya. Saking senangnya browsing, tiba-tiba kuota internet habis. Terkadang, ini menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian pengguna. Oleh karena itu, JatimTech akan membantu Anda dengan menunjukkan beberapa cara supaya kuota internet tetap awet.

Berikut 5 cara yang harus dilakukan untuk menghemat kuota internet dari Cnet:

1. Jangan mengunggah video ke YouTube

Apabila Anda sering mengunggah video ke YouTube maka mulai sekarang sebisa mungkin dikurangi kegiatan tersebut atau tidak dilakukan. Soalnya, rekaman video HD yang Anda unggah bisa menghabiskan kuota internet hingga 200MB per menit. Jadi, pikirkan baik-baik jika hendak mengunggah sebuah video ke YouTube.

2. Hindari melakukan obrolan video call

Video call semacam Skype atau FaceTime tergolong aplikasi yang akan menyedot bandwidth cukup besar. Namun, besarnya bisa berbeda-beda tergantung kualitas video saat itu. Semakin bagus resolusinya, maka semakin besar pula bandwidth yang akan terpakai. Jika Anda ingin menghemat kuota data, lebih baik Anda mengurangi sesi obrolan video karena setiap menitnya akan mengambil bandwidth sebesar 3MB.

3. Tidak bermain game online

Game online memang mengasyikan karena permainannya terhubung langsung dengan semua orang yang ada di dunia. Namun, jika Anda memainkannya di smartphone dan menggunakan paket internet berkuota, maka kondisinya beda lagi. Pasalnya, permainan online akan menguras kuota Anda sebesar 2,4MB per menit. Alangkah baiknya, apabila Anda bermain game offline saja yang tidak kalah serunya.

4. Kurangi streaming musik

Musik merupakan salah satu hiburan yang paling menyenangkan. Namun, bila ingin menghemat kuota internet, jangan coba-coba menjalankan layanan streaming musik. Memang tak perlu ruang penyimpanan yang besar, tapi streaming musik akan menghabiskan kuota hingga 2,4 MB per menit. Agar lebih hemat, tidak ada salahnya Anda menyimpan saja musik di dalam memori smartphone. Selain bisa didengarkan kapan saja, kuota data juga tidak akan berkurang.

5. Stop melakukan streaming video

Streaming video memang kegiatan yang paling memikat untuk menghabiskan kuota data. Banyak video menakjubkan yang menjadikan pengguna tak sanggup untuk tidak menontonnya. Alhasil, kuota Anda akan terserap habis begitu cepat. Konsumsi data untuk kegiatan streaming video menghabiskan kuota hingga 50MB per menit. Banyak sekali bukan? Bayangkan jika Anda melihat 20 video dalam sehari, maka 1GB kuota internet Anda akan langsung habis dalam sekejap mata.

Semoga lima cara menghemat kuota internet ini dapat membantu Anda. Anda juga harus ingat, jika masih bisa menggunakan media offline, jangan terpancing untuk memakai yang online. Pergunakan fasilitas online untuk kegiatan yang penting-penting saja.

Written by
It’s not how much money you make, but how much money you keep, how hard it works for you, and how many generations you keep it for - Robert Kiyosaki

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>