Home » Internet » Cyber Life » 3 Ilmuwan Muda Ini Meraih 2 Miliar dari Intel

3 Ilmuwan Muda Ini Meraih 2 Miliar dari Intel

Pekan ini Intel memberikan penghargaan kepada 3 ilmuwan muda berbakat. Ilmuwan muda ini meraih penghargaan dalam kompetisi yang diselenggarakan Intel. Yaitu Intel Science Talent Search, yang diadakan di Washington DC pada Selasa lalu. Para ilmuwan muda yang disebut-sebut sebagai remaja jenius itu mendapatkan hadiah sebesar Rp 2 miliar ($ 150.000 USD). Secara keseluruhan Intel telah membagikan uang sebesar Rp 21 miliar ($ 1,6 juta) USD untuk perhelatan yang melibatkan banyak ilmuwan muda potensial. Kompetisi ini sudah ada sejak 74 tahun yang lalu. Intel sendiri sudah mensponsori Science Talent Search sejak tahun 1998.

3 ilmuwan muda tersebut adalah Noah Golowich 17 tahun dari Lexington, Massachusetts , Andrew Jin 17 tahun dari San Jose, California, dan Michael Hofmann Winer 18 tahun dari North Bethesda, Maryland. Ketiga ilmuwan ini adalah para pelajar SMA dari seluruh negara bagian di Amerika Serikat. Renee James selaku presiden Intel membuat sebuah pernyataan, “kami berharap program ini akan mendorong pelajar muda lainnya untuk menjadi generasi masa depan sebagai ilmuwan, penemu dan insinyur.”

kompetisi-intel-science-talent-search

kompetisi intel science talent search (gambar : collegegreenlight)

Golowich membawa pulang medali sebagai juara pertama untuk kategori Distinction for Basic Research. Atas pembuktiannya terhadap teori Ramsey di bidang matematika. Jin sebagai juara pertama untuk kategori Distinction for Global Good. Atas pengembangannya tentang algoritma pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi mutasi adaptif pada seluruh gen manusia.

Winer yang pada tahun sebelumnya pernah meraih medali perak pada olimpiade fisika, sekarang meraih penghargaan yang berbeda. Pemuda 18 tahun itu memenangkan juara satu untuk kategori Distinction for Innovation. Atas penelitiannya tentang cara kuasi partikel suara yang disebut fonon bisa berinteraksi dengan elektron.

Sedikit tambahan dari pihak Intel yang berkomentar tentang Winer. Dia mengatakan bahwa karya dari Winer berpotensi diterapkan pada struktur atom yang lebih kompleks, seperti superkonduktor.

kaos-intel-sains

kaos intel sains (gambar : societyforscience)

Kompetisi khusus ilmuwan muda di Amerika ini sudah menelurkan beberapa ilmuwan hebat. Mereka diantaranya telah mendapatkan setidaknya 8 hadiah Nobel, 2 medali Fields, 5 medali sains nasional, 12 MacArthur Foundation Fellowships dan bahkan Academy Award untuk aktris non-profit terbaik.

Sungguh merupakan kebanggaan bagi 3 ilmuwan muda tersebut. Juga untuk masa depan menjanjikan bagi mereka bertiga, bahkan bagi dunia sains.

Sumber : asia.pcmag

Have your say!

0 0