Tips & Trik

3 Cara Mengatasi Camera Failed di Smartphone Android

Apakah Anda sedang mengalami masalah camera failed? Masalah ini sering terjadi pada ponsel android khususnya seri lama. Masalah ini merupakan kondisi dimana ponsel tidak bisa mengoperasikan kamera sehingga aktivitas memotret atau membuat video menjadi tidak bisa dlakukan. Lalu apa yang harus dilakukan untuk bisa mengatasi masalah camera failed?

Tidak ada yang sulit untuk bisa mengatasi masalah gagalnya pengoperasian kamera. Bahkan, tidak perlu Anda lakukan servis ponsel atau menghubungi orang yang ahli ponsel karena Anda pun juga bisa mengatasinya sendiri. Apa yang harus dilakukan?

  • Pertama, hapus cache dan data pada aplikasi kamera Anda dipengaturan ponsel. Cara ini tidak akan membuat koleksi foto terhapus hanya saja menghapus seluruh pengaturan kamera yang Anda buat.

3 Cara Mengatasi Camera Failed di Smartphone Android

  • Kedua, jika masih belum berhasil maka Anda bisa menghapus partisi cache di Android recovery dengan menekan volume up, tombol power dan home bersamaan ketika ponsel dalam keadaan mati.
  • Dan jika masih gagal mengoperasikan kamera, maka Anda bisa lakukan factory reset atau membuat ponsel menjadi diatur ulang seperti masih baru. Dan terakhir, jika masih tidak berbuah hasil maka hapus saja aplikasi kamera bawaanmu dan gunakan aplikasi kamera lain.

Anda bisa gunakan google camera jika OS android Anda telah mendukung atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mudah ditemui di playstore.

Itulah tadi bagaimana caranya mengatasi camera failed di android. Cara tersebut tentunya tidak bisa diharapkan jika masalah camera failed anda disebabkan oleh baterai hampir habis atau memang kamera android Anda rusak. Jika Anda indikasi software kamera bawaan rusak, Anda bisa unduh aplikasi kamera yang baru.